Text
Penerapan pendekatan problem solving tipe search Solve Create and Share (SSCS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi asam basa di Kelas XI SMAN 30 Jakarta
ABSTRAK
NISRINA NASTITI BESAR. Penerapan Pendekatan Problem Solving Tipe Search Solve Create and Share (SSCS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa di Kelas XI SMAN 30 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan problem solving tipe Search Solve Create and Share (SSCS) pada materi Asam Basa di SMAN 30 Jakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui PTK (Classroom Action Research). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Data penelitian diperoleh dari pretest, posttest, observasi afektif (sikap) dan psikomotorik siswa (keterampilan). Pada siklus I persentase nilai rata-rata hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa adalah 69,44%, hasil belajar afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) siswa berada dalam kriteria cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase nilai rata-rata hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa adalah 83,33%, hasil belajar afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) siswa minimal berada dalam kriteria baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan problem solving tipe Search Solve Create and Share (SSCS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMAN 30 Jakarta pada materi asam basa.
Kata kunci: hasil belajar, Problem solving tipe Search Solve Create and Share (SSCS), penelitian tindakan kelas
Bibliografi : lembar 112-113
SS00006962 | SK 6962 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain