Text
Pengaruh pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cibubur sebagai sumber belajar melalui metode outdoor learning terhadap hasil belajar pada materi ekosistem
i
ABSTRAK
NININ SURYANI. Pengaruh Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cibubur sebagai Sumber Belajar melalui Metode Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2015.
Ruang Terbuka Hijau (RTH) merupakan elemen penting dalam suatu kota, selain berfungsi menyeimbangkan keadaan ekologi suatu kawasan juga memiliki nilai edukatif sebagai sumber belajar. Pemanfaatan RTH dapat diterapkan melalui metode pembelajaran outdoor learning, sehingga dapat tercapai hasil belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan ruang terbuka hijau Cibubur sebagai sumber belajar melalui metode outdoor learning terhadap hasil belajar pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 99 Jakarta dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Cibubur pada semester genap TA 2014-2015. Metode yang digunakan adalah metode quasi experimental dengan desain penelitian Posttest only control group design. Jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Sampel diambil dengan purposive sampling pada kelas X yang terbagi menjadi dua kelas yaitu eksperimen dan kontrol dengan Simple Random Sampling. Data yang digunakan adalah rata-rata skor hasil belajar kognitif dan psikomotorik. Sebelum uji hipotesis dilakukan uji prasyarat, uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Berdasarkan hasil uji hipotesis, dengan uji t diketahui bahwa hasil belajar kognitif dan psikomotorik menunjukkan angka yang signifikan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan ruang terbuka hijau Cibubur sebagai sumber belajar melalui metode outdoor learning terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik pada materi ekosistem.
Kata kunci: ruang terbuka hijau, sumber belajar, outdoor learning, hasil belajar, ekosistem
Bibliografi : lembar 71-73
SS00006973 | SK 6973 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain