Text
Hubungan self regulated dengan kemampuan Problem Solving materi pencemaran lingkungan pada siswa SMAN di Jakarta
ABSTRAK
LAILA LUTHFIYYAH. Hubungan Self-Regulated dengan Kemampuan Problem Solving Materi Pencemaran Lingkungan pada Siswa SMAN di Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Kemampuan Problem Solving adalah kemampuan berpikir untuk menemukan solusi untuk memecahkan sebuah masalah. Self Regulated adalah pengaturan diri siswa secara mandiri dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self Regulated dengan kemampuan Problem Solving materi pencemaran lingkungan pada siswa SMAN di Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 38 Jakarta pada bulan Mei 2015. Subjek penelitian ini berjumlah 104 siswa kelas X IPA secara acak. Skor rata-rata Self Regulated siswa adalah 185,57 dan skor rata-rata kemampuan Problem Solving adalah 80,37. Hasil uji prasyarat normalitas dengan Kolmogorov-Sminorv dan homogenitas dengan uji Bartlett, data berdistribusi secara normal dan homogen. Hasil uji regresi dan linieritas diperoleh model regresi sederhana Ŷ = 36,331 + 0,239X dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien korelasi menggunakan Pearson Product Moment diperoleh hasil t hitung 1,807>1,659 artinya terdapat hubungan positif antara Self Regulated dengan kemampuan Problem Solving materi pencemaran lingkungan pada siswa SMAN 38 Jakarta dengan koefisien korelasi 0,351 dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, sebanyak 12,32% Self regulated memberikan kontribusi pada kemampuan Problem Solving materi pencemaran lingkungan pada siswa SMAN di Jakarta.
Kata kunci: Self Regulated, kemampuan Problem Solving, lingkungan
Bibliografi : lembar 47-48
SS00006974 | SK 6974 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain