Text
Pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) menggunakan Content Representation (CoRe) Framework pada materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidup dengan metode inkuiri
ABSTRAK
AYU AGUNG LESTARI. Pengembangan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Menggunakan Content Representation (CoRe) Framework pada Materi Larutan Penyangga Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup dengan Metode Inkuiri. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pedagogical Content knowledge (PCK) calon guru menggunakan Content representation (CoRe) framework pada materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidup dengan metode inkuiri. Calon guru yang melakukan pembelajaran di kelas tentunya memiliki PCK yang lebih minim dibandingkan guru berpengalaman. Oleh karena itu, calon guru membutuhkan informasi dari guru berpengalaman berupa CoRe Framework yaitu informasi mengenai topik penting dalam suatu materi dan cara mengajar yang baik sehingga dapat mengembangkan PCK calon guru. Narasumber dalam penelitian ini adalah tiga guru berpengalaman. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Jakarta pada bulan Januari sampai Juni 2015. Metode yang digunakan yaitu interpretive research dengan paradigma penelitian interpretivism paradigm yaitu informasi mendalam berdasarkan sudut pandang subjek yang menjalani pengalaman kehidupan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi yang diperoleh dari guru berpengalaman, membuat reflektif jurnal, catatan observer, wawancara siswa, dan rubrik penilaian PCK dapat mengembangkan PCK calon guru. Informasi yang diperoleh berkaitan dengan materi dan cara mengajar di kelas. Hal ini membantu calon guru dalam mengembangkan PCK pada materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidup. Materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidup bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli siswa terhadap lingkungan.
Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Content Representation (CoRe) framework, Larutan Penyangga, dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
ABSTRACT
This research aims to develope Pedagogical Content Knowledge of Prospective Teacher using Content Representation (CoRe) framework on teaching buffer solution material integrates environmental education through inquiry method. Certainly, the prospective teacher need to find out more informations from the experienced teacher such as the infomation about Content Representation (CoRe) framework which is an information contains about the important topics on teaching materials and the good way of teaching, thus the pesrpective teacher could develope their PCK. Respondents of this research are three experienced teacher. Research was held on January – June 2015 at SMAN 11 Jakarta. This research use the method of interpretive research with research paradigm of interpretivism paradigm which is a deep informations based on the point of view of the subject’s experienced.
The result of this research shows that the informations obtained from the experienced teachers, reflective journal, observer’s note, interview with the students dan PCK scoring rubric could develope PCK of the prospective teachers. This could help prospective teacher develops his way of teaching in the class. This also could help the prospective teacher to developes the PCK on teaching buffer solution material integrated environmental education which aims to foster the awareness of students toward the environment.
Keywords: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Content Representation (CoRe) framework , Buffer Solution, and Environmental Education
Bibliografi : lembar 168
SS00006709 | SK 6709 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain