Text
Pengaruh penerapan modul flipped classroom pada pembelajaran materi reaksi oksidasi reduksi terhadap hasil belajar siswa SMA kelas X
Abstrak
Annisa Nur Fitria. Pengaruh Penerapan Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model flipped classroom pada hasil belajar materi reaksi oksidasi reduksi. Model flipped classroom merupakan kebalikan dari model pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 47 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 3 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Pre-test diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan awal sebelum proses pembelajaran dan post-test diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan akhir setelah proses pembelajaran.
Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Fisher. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena nilai Lhitung kelompok eksperimen yaitu 0,0044 dan nilai Lhitung kelompok kontrol yaitu 0,0008328 lebih kecil dari Ltabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 0,148. Uji homogenitas menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen karena nilai Fhitung yaitu 1,025149 lebih kecil dari Ftabel yaitu 1,772066.
Hasil penelitian menunjukkan selisih nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 12,50 dan selisih nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 7,166 Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai thitung = -2,34161 dan ttabel = 1,667572. Oleh karena thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding ratarata hasil belajar kelompok kontrol, sehingga terdapat pengaruh yang positif pada penerapan model flipped classroom terhadap hasil belajar materi reaksi oksidasi reduksi.
Kata kunci: Model Flipped Classroom, Hasil Belajar, Reaksi Oksidasi Reduksi, Quasi Experiment
Abstract
Annisa Nur Fitria. The Effect of Flipped Classroom Model Application on Learning Oxidation Reduction Reaction to the Student Learning Results in Grade X Senior High School. Thesis. Jakarta: Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Sciences. State University of Jakarta, June 2015.
This research aims to investigate the effect of flipped classroom model application on learning oxidation-reduction reactions to the student learning results in grade X senior high school. Flipped classroom model is the opposite of conventional learning models. This research was conducted in 47 Senior High School Jakarta in the second semester of the academic year 2014/2015. Sample selection is done by using purposive sampling technique. The samples are class X MIA 1, consists of 36 students as an experimental group and the class X MIA 3, consists of 36 students as a control group. This research used the quasi experimental method with nonequivalent control group design. Pre-test was given to the students to measure the prior knowledge before learning and post-test was given to the students to measure the learning results after learning.
The analysis pre-requisite test are normality test by using Liliefors test and homogenity test by using Fisher test. Normality test showed that the data were normally distributed because the Lstat value of experimental group is 0.0044 and Lstat value of control group is 0.0008328 which is less than Lcritical value that is 0.148 at significance level α = 0.05. Homogenity test showed that the data has homogenous variances due Fstat value is 1.025149 is less than Fcritical value that is 1.772066.
The results of the research showed that the difference of average value of the experimental group was 12.50 and the difference of average value of the control group was 7.166. Hypothesis test showed that the value of tstat = -2.34161 and tcritical = 1.667572. Because of tstat > tcritical, it can be concluded that the learning results of experimental group is higher than the learning results of the control group, so that there is a positive effect of the flipped classroom model application on learning oxidation-reduction reactions to the student learning results.
Keywords: Flipped Classroom Model, Learning Results, Oxidation Reduction Reaction, Quasi Experiment
Bibliografi : lembar 57-58
SS00006837 | Sk 6837 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain