Text
Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains materi elektrolit dan non elektrolit
ABSTRAK
SARAH AFSHOLNISSA. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses sains Materi Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitaas Negeri Jakarta. Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains materi elektrolit dan non elektrolit. Inkuiri terbimbing adalah metode yang menekankan kepada proses siswa sendiri dalam mencari dan menemukan sehingga guru bukan lagi sebagai sumber informasi namun sebagai fasilitator dan motivator. Sedangkan keterampilan proses sains merupakan pendekatan keterampilan kognitif yang terdapat pada metode inkuiri terbimbing. Keduanya diukur dengan menggunakan instrumen post test, dan lembar observasi penilaian keterampilan proses sains berdasarkan rubrik. Hasil dari data yang diperoleh kemudian diolah secara statistika hingga mendapatkan hasil signifikan dari uji t berupa adanya pengaruh pada metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dengan simpulan atas ditolaknya Ho dimana t hitung>t tabel dengan nilai 5,29>1,67 dengan taraf signifikansi 0,05.
Kata Kunci : Inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains
Bibliografi : lembar 45-46
SS00006848 | Sk 6848 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain