Text
Evaluasi tujuan pembelajaran ranah afektif pada pembelajaran tari di Kelas VIII SMP Negeri 4 Karawang Barat
ABSTRAK
Mega Purwanti Chalida. Evaluasi Tujuan Pembelajaran Ranah Afektif pada
Pembelajaran Tari di Kelas VIII SMP Negeri 4 Karawang Barat. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juli.
2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tujuan pembelajaran ranah
afektif yang telah dibuat dan diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 4 Karawang
Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa tujuan pembelajaran tari
secara umum belum terarah ke tujuan pembelajaran ranah afektif.
Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan pada kegiatan belajar mengajar
(KBM) semester genap. Prosedur penelitian menggunakan tahapan prosedur
penelitian evaluasi pembelajaran yang dilengkapi dengan tahapan penelitian
kualitatif sehingga terdapat empat tahap prosedur penelitian, yaitu pra-penelitian,
pekerjaan lapangan, analisis data, dan pelaporan. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan, dan studi dokumen.
Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, kategorisasi data, sintesisasi,
dan menyusun hipotesis kerja. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan teknik
triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesenjangan antara Peraturan
Pemerintah yang mensyaratkan rancangan penilaian tujuan pembelajaran ranah
afektif pada kelompok mata pelajaran estetika dengan pembelajaran tari sebagai
bagian materi pelajaran seni budaya. Faktanya, meskipun guru telah membuat
silabus dan RPP karakter serta menerapkannya dalam pembelajaran, hasil
penilaian afektif yang dilakukan belum mencapai hasil yang maksimal. Oleh
karena itu, menjadi penting untuk dilakukan perbaikan pandangan terhadap ranah
afektif sehingga ketiga ranah pembelajaran menjadi lengkap dalam pembelajaran
seni tari.
Melalui penelitian ini ditemukan kelebihan maupun kekurangan pelaksanaan
pembelajaran tari yang menggunakan dan tidak menggunakan penilaian afektif.
Kelebihan dalam menerapkan penelitian afektif adalah terukurnya sikap siswa
sebagai respon terhadap kegiatan belajar yang berdampak pada minat belajar
sehingga mempengaruhi keberhasilan ranah psikomotor maupun kognitif.
Sedangkan kekurangan pembelajaran tari yang tidak menggunakan penilaian
afektif adalah kurang terlihatnya kebermanfaatan pembelajaran sebagai disiplin
ilmiah.
Kata kunci : Evaluasi Pembelajaran, Ranah Afektif, Pembelajaran Tari
Bibliografi : lembar 121-124
SS00007174 | SK 7174 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain