Text
Students' level of thinking demonstrated in the learning scenario (A case in ELTM 2 course)
ABSTRAK
Aghnini Ghinan Nafsi. 2015. Students’ Cognitive Processes in Students’ Written Assignment (A Case in ELTM 2 Course). Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta
Evaluasi suatu program pendidikan perlu dilakukan secara reguler, termasuk pengumpulan informasi yang relevan atas implementasi suatu program perkuliahan. Penelitian ini merupakan bagian dari suatu evaluasi pelaksanaan program perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, JBSIng, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dimaksudkan untuk memotret dan mendeskripsikan aktifitas pembelajaran yang muncul selama proses perkuliahan serta mengungkapkan jenis keterampilan berfikir mahasiswa yang tergambar melalui tugas akhir tertulis. Studi kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian dengan menggunakan dokumen analisis dan observasi kelas sebagai instrument. Hasil penelitian menunjukkan tingkat berpikir mahasiswa yang tergambar pada skenario pembelajaran mereka yaitu 28% menganalisis, 20% mengaplikasikan, 16% memahami dan membuat, serta 8% mengingat. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa tingkat berpikir mahasiswa perlu dieksplor dari tingkat terrendah sampai tertinggi. Oleh karena itu, aktifitas pembelajaran dirancang berdasarkan Taksonomi Bloom untuk mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Bahasa Inggris yang reflektif di masa yang akan datang.
Kata kunci: tingkat berpikir, skenario pembelajaran, aktifitas pembelajaran, English Language Teaching Method 2
ABSTRACT
Aghnini Ghinan Nafsi. 2015. Students’ Level of Thinking Demonstrated in the Learning Scenario (A Study in ELTM 2 Course). Skripsi. Jakarta: English Language and Literature Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta.
Evaluating an educational program implementation needs to be conducted regularly, including collecting relevant information on a course program implementation in a higher education. This study was a part of a course program evaluation implemented at the English Language Education Study Program (ELESP), English Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta. This study was focused on portraying and describing the learning activities that students engage in the learning scenario and classifying the level of thinking demonstrated in the learning scenario. Descriptive qualitative study was employed as the research design with documents and classroom observation as the instrument of the study. The results showed the level of thinking demonstrated in the learning scenario included 28% analyze, 20% apply, 16% understand and create, and 8% remember. These results implied that students level of thinking need to be explored from lower to higher order thinking. Therefore, the learning activities were designed in reference to Bloom’s taxonomy in preparing them to be reflective English teacher in the future.
Keywords: level of thinking, learning scenario, learning activities, English Language Teaching Method 2
Bibliografi : lembar 49-51
SS00007214 | SK 7214 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain