Text
Efektivitas penggunaan metode presentasi dengan gambar representatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jepang (penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen di International Language Centre Jakarta)
ABSTRAK
Miftakhul Khaqiq. 2015. Efektivitas Penggunaan Metode Presentasi Dengan Gambar Representatif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jepang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Menjadi seorang pengajar bahasa Jepang di sebuah lembaga non-formal, tidak hanya dituntut untuk memiliki pengetahuan dalam bidang bahasa Jepang. Namun dituntut pula untuk membuat suasana kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan agar siswa yang diajar memiliki kenyamanan belajar. Hal ini sangat menentukan sekali berdiri atau tidaknya sebuah lembaga non-formal. Kenyamanan belajar akan didapatkan ketika siswa merasa terarah, termotivasi, dan tertantang untuk belajar. Untuk mendapatkan kenyamanan tersebut, pengajar harus memiliki banyak referensi terhadap cara pengajaran yang efektif dan tepat guna. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis menguji efektifitas metode presentasi dengan gambar represntatif terhadap keterampilan berbicara siswa. Adapun tempat penelitian yang penulis pilih adalah salah satu lembaga bahasa non-formal bernama International Language Centre yang terdapat di daerah Lebak Bulus Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu yaitu pada tanggal 23 Februari 2015 sampai dengan 6 Maret 2015 dengan mengajarkan empat materi yang akan diujikan dalam post-test. Materi tersebut adalah ~がほし いです,~たいです,~にいきます, dan ~ています. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah nilai kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai 64,44. Dimana skor tertinggi yang diperoleh adalah 83,33 dan skor terendah adalah 58,33. Sedangkan untuk Hasil kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai 74,54. Dimana skor tertinggi yang diperoleh adalah 91.67 dan skor terendah adalah 66.67. Dari hasil ini terlihat bahwa Metode Presentasi memiliki efek yang baik terhadap keterampilan berbicara siswa. Dari hasil diatas, penelitian ini mempunyai implikasi penting terhadap upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jepang. Implikasi ini menekankan kepada pengajar sebagai salah saru fasilitator belajar, untuk melakukan kreasi dan inovasi yang berbeda untuk menghilangkan kejenuhan terhadap metode pembelajaran dengan gaya klasikal seperti ceramah satu arah. Metode presentasi dengan gambar respresentatif ini tidak hanya dapat digunakan untuk pelajaran percakapan atau kaiwa saja. Namun dapat digunakan pula pada pelajaran tata bahasa atau bunpou.
Kata kunci; Metode Presentasi, Gambar Representatif, Keterampilan Berbicara
Bibliografi : lembar 75-76
SS00007215 | SK 7215 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain