Text
Teknik pasiing atas bola voli : studi eksperimen tentang gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap keterampilan passing atas bola voli siswa SMA
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR
TERHADAP KETERAMPILAN PASSING ATAS BOLA VOLI
(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 AEK KUASAN)
MUHAMMAD IDRUS
E-mail : surdiidrus@gmail.com
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan
motivasi belajar terhadap keterampilan passing atas bola voli. Sampel
penelitian ini berjumlah 44 orang yang merupakan siswa kelas X siswa SMA
Negeri 1 Aek Kuasan dengan menggunakan rancangan penelitian treatment
by level 2 X 2. Data dianalisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji
Tuckey pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :
(1) secara umum, terdapat perbedaaan yang signifikan antara gaya mengajar
latihan dan gaya mengajar resiprokal terhadap keterampilan passing atas
bola voli sehingga = Fhitung (39,73) > Ftabel (4,11), dan gaya mengajar latihan
memberikan keterampilan passing atas yang lebih baik dari pada gaya
mengajar resiprokal, (2) terdapat interaksi antara gaya mengajar dan motivasi
belajar terhadap keterampilan passing atas sehingga = Fhitung (4,41) > Ftabel
(4,11), (3) pada siswa dengan motivasi belajar tinggi, gaya mengajar latihan
memberikan keterampilan passing atas yang lebih baik dari pada gaya
mengajar resiprokal sehingga = Qhitung (8,40) > Qtabel (3,49), dan (4) pada
siswa dengan motivasi belajar rendah, gaya mengajar latihan memberikan
keterampilan passing atas yang lebih baik dari pada gaya mengajar
resiprokal sehingga = Qhitung (4,21) > Qtabel (3,49).
Kata Kunci : Keterampilan Passing Atas, Gaya Mengajar, dan
Motivasi Belajar Bibliografi : lembar 117-120
TM00000944 | TM 944 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain