Text
Evaluasi program pembelajaran teaching factory di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tegal
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Pembelajaran Pabrik Pembelajaran di SUPM Negeri Tegal yang difokuskan pada 1). Konteks terdiri dari Yayasan Formal dan Kebijakan Kepala Sekolah 2). Masukan terdiri dari Perencanaan Pelaksanaan Pengajaran Pabrik, Kesiapan Guru, Fasilitas dan Infrastruktur dan Penganggaran. 3) Proses terdiri dari Penjadwalan, Kinerja Guru, Kegiatan Guru dan Kegiatan Siswa. 4). Produk terdiri dari Hasil Belajar, Hasil Produksi, dan Pencitraan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru Pengajaran Pabrik dan siswa kelas XII dalam Teknologi Pengolahan Ikan. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan menggunakan wawancara, observasi, studi dokumen, dan kuesioner. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembelajaran Teaching Factory di SUPM Negeri Tegal pada umumnya dalam kondisi baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi bahwa: 1). Komponen Konteks menunjukkan kategori peringkat yang sangat baik (90%). 2). Komponen Input menunjukkan kategori peringkat yang baik (68%). 3). Komponen Proses menunjukkan kategori peringkat yang sangat baik (83%). 4) Komponen Produk menunjukkan kategori peringkat yang baik (71%). Peningkatan kualitas program pembelajaran Pengajaran Pabrik dapat dilakukan dengan meningkatkan aspek kategori rendah dari setiap tahap evaluasi.
Kata Kunci: Evaluasi, Evaluasi Program, Teaching Factory, Model CIPP
ABSTRACT
The objective of this research is to evaluate the implementation of Teaching Factory Learning Program in SUPM Negeri Tegal that focused on 1). Context consists of Formal Foundation and Headmaster Policy 2). Input consists of Implementation Planning of Teaching Factory, Readiness of Teachers, Facilities and Infrastructure and Budgeting. 3) Process consists of Scheduling, Teachers Performance, Teachers Activity and Students Activity. 4). Product consists of Learning Outcomes, Production Result, and Imaging.
This research was a qualitative research using CIPP Model (Context, Input, Process, Product) developed by Stufflebeam. The main subject of this research are the teacher of Teaching Factory and students of class XII in Fish Processing Technology. The data were collected through participant observation using interview, observation, document study, and questionnaire. The data analysis using qualitative descriptive method.
The research showed that the implementation of the learning program Teaching Factory in SUPM Negeri Tegal are generally in good condition. It can be seen from the evaluation result that: 1). Context Components showed very good ratings category (90%). 2).Input Components showed good ratings category (68%). 3). Process Components showed very good ratings category (83%).4) Product Components showed good ratings category (71%). Quality Improvement of the Teaching Factory learning program can be done by improving the low category aspects of each stage of evaluation.
Keywords: Evaluation, Program Evaluation, Teaching Factory, CIPP Model
Bibliografi : lembar 165-167
TM00001030 | TM 1030 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain