Text
Hubungan pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun dengan penyelesaian masalah pada soal cerita matematika (di SD Negeri Wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan)
HUBUNGAN PEMAHAMAN BACAAN ANAK USIA 78 TAHUN DENGAN PENYELESAIAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA
(di SD Negeri Wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan)
(2015)
Sofia Nurjanah
ABSTRAK
Sofia Nurjanah Hubungan Pemahaman Bacaan Anak Usia 7-8 Tahun dengan Penyelesaian Masalah pada Soal Cerita Matematika di SD Negeri Wilayah Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jakarta: PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Tujuan Penelitian adalah mengkaji dan menggambarkan hubungan yang terjadi mengenai pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun dengan penyelesaian masalah pada soal cerita matematika. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling sehingga ditemukan sampel yaitu SDN 05 Pagi Ciganjur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan soal tes dan dianalisis mengguanakan analisis Varian (ANAVA) Sederhana dan Uji Korelasi Product Moment. Hasil pengujian Hipotesisi menggunakan ANAVA bahwa terdapat hubungan pemahaman bacaan anak usia 7-8 tahun dengan penyelesaian masalah pada soal cerita matematika. Dilanjutkan dengan Uji Korelasi Product Moment dan menunjukan bahwa H0 ditolak, maka H1 diterima. Implikasi hasil penelitian ini adalah pemahaman bacaan dapat memberikan kontribusi terhadap penyelesian masalah pada soal cerita matematika, maka guru dan penulis buku matematika agar mempertimbangkan sebelum memberikan soal cerita matematika pada anak. Kata kunci: Pemahaman Bacaan, Anak Usia 7-8 Tahun dan Penyelesaian Masalah, Soal Cerita Matematika
THE ASSOCIATION BETWEEN 7-8 YEARS OLD CHILDREN’S READING COMPREHENSION AND MATHEMATICAL WORD PROBLEM-SOLVING PERFORMANCE
(in State Elementary School Jagakarsa Subdistrict, South of Jakarta)
(2015)
Sofia Nurjanah
ABSTRACK Sofia Nurjanah The Association Between 7-8 Years Old Chikdren’s Reading Comprehension and Mathematical Word Problem-Solving Performance in State Elementary School Jagakarsa Subdistrict South of Jakarta. Jakarta: PG-PAUD The Faculty of Education, State University of Jakarta, 2015. The purpose of the research is to investigating and describing about the association between 7-8 years old children’s reading comprehension and mathematical word problem-solving performance . sample were taking using the technic of simple random sampling so that the sample found SDN 05 Morning Ciganjur. Data collection is using quotion test and analyzed using simple ANAVA analysis and correlation Product moment Test. The research of testing of hypotheses using ANAVA that there are association between 7-8 years old children’s reading comprehension and mathematical word problem-solving performance. Continued with correlation Product Moment Test and showing that all H0 rejected then H1 accepted. The implication research result is reading comprehension can give contribution to mathematical word problem-solving performance, so teachers and Mathematic book author have to considering before giving the children mathematical word problem-solving test.
Keywords: Reading Comprehention, Children 7-8 Years Old, and Problem Solving, Mathematical World Problem
Bibliografi : lembar 103-105
SS00007567 | SK 7567 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain