Text
Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui metode bermain siswa Kelas V SD Negeri 009 Sesayap Kabupaten Tanatidung
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran Dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli siswa sering mengalami sakit pada tangan saat melakukan passing bawah dikarenakan media yang digunakan tidak sesuai karakteristik siswa. Faktor tesebut juga menyebabkan minat dan motivasi siswa menjadi berkurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode bermain dalam pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas kelas V SD Negeri 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui metode bermain. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung dengan subyek penelitian kelas V dengan jumlah 28 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 10 perempuan., lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi minat belajar siswa, dan tes praktek.
Kata kunci : hasil belajar, passing bawah bola voli, bermain.
In learning activities under volleyball passing students often experience pain in the hand while doing passing down due to media being used does not match the characteristics of the students. Tesebut factors also cause the interest and motivation of students to be reduced. The problem in this study is whether the approach to learning to play volleyball passing below can improve learning outcomes Elementary School fifth grade students 009 Sesayap Tana Tidung. The purpose of this research is to improve learning outcomes in the following study under volleyball passing grade students of SD Negeri 009 V class Sesayap Tana Tidung Academic Year 2014/2015 through play approach.This research is a classroom action research. This study comprises two cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. This study was conducted in 009 primary schools Sesayap Tana Tidung with research subjects V class with 28 students consisting of 18 male and 10 female. The research instrument used is the observation sheet learning, observation sheet student motivation, observation sheet student interest, and practice tests.
Keywords: learning outcomes, passing under volleyball, playing.
Bibliografi : lembar 138-140
TM00001157 | TM 1157 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain