Text
Peningkatan hasil belajar PKn tentang gotong royong melalui teknik pair checks pada siswa Kelas V di SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung (penelitian tindakan Kelas V SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung)
Peningkatan Hasil Belajar PKn Tentang Gotong-Royong Melalui Teknik Pair Checks Pada Siswa Kelas V di SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung Hery Wahyudi SD Negeri 009 Sesayap Jl. Jend. Sudirman, Desa Tideng Pale Timur, Kec. Sesayap, Kab. Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara wahyudihery61@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang gotong royong pada siswa kelas IV SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dalam 6 kali pertemuan pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 009 Sesayap Kabupaten Tana Tidung yang berjumlah 30 orang. Data dalam penelitian ini terdiri dari data aktivitas siswa dan guru yang dikumpulkan melalui wawancara, dokumen dan observasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan data hasil belajar PKn diperoleh melalui tes tertulis yang dianalisis secara statistik deskriptif. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa aktivitas guru dan siswa sesuai tahapan pembelajaran Pair Checks mengalami peningkatan setiap pertemuan hingga mencapai 100% pada pertemuan terakhir siklus II. Hasil belajar PKn siklus I diperoleh 63% siswa mencapai ketuntasan meningkat menjadi 80% pada siklus II.Penelitian ini menyimpulkan pembelajaran melalui teknik pair checks membekali siswa kemampuan bekerjasama, komunikasi efektif, kemampuan sosial, peningkatan kemampuan berpikir dan berpengaruh pada hasil belajar ke arah yang positif atau lebih baik dengan mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan. Kata Kunci : Hasil belajar PKn, teknik Pair Checks, Gotong royong
Bibliografi : lembar 130-132
TM00001158 | TM 1158 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain