Text
Pengembangan kecerdasan sosial siswa dalam kegiatan kepramukaan : studi kualitatif anggota pramuka SMPN 202 Jakarta
ABSTRAK
ELI ARLISA, Pengembangan Kecerdasan Sosial Siswa dalam Kegiatan Kepramukaan (Stdudi Kualitatif Anggota Pramuka SMPN 202 Jakarta). Skripsi : Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2011.
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengembangan kecerdasan sosial siswa berupa membina hubungan dengan orang lain, simpati dan empati dalam kegiatan kepramukaan SMPN 202 Jakarta. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang berupa teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan diskusi kelompok terfokus (FGD). Data yang terkumpul diperiksa keabsahannya menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan kecukupan referensial. Analisis data dilakukan mengikuti model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap indikator kecerdasan sosial dalam kegiatan kepramukaan (Sistem regu, LKBB, dan tali-temali) memiliki tahapan perkembangan yang berbeda-beda sesuai dengan sub indikator dari kecerdasan sosial. Pertama, pengembangan membina hubungan dengan orang lain adalah berinteraksi, bersifat ramah dan terbuka, saling membutuhkan, memiliki rasa yang sama untuk mencapai tujuan, belajar memberi arahan, mengenali masalah, dan bermusyawarah. Kedua, pengembangan simpati adalah sadar terhadap kondisi dan situasi, melihat dan memahami tujuan bersama dan mengetahui dan menerima adanya perbedaan. Dan terakhir pengembangan empati adalah menghargai pemikiran orang lain, mengetahui macam-macam bentuk perasan, dan saling memahami dan mengerti perasaan orang lain (peka). Diantara sub indikator tersebut masing-masing saling berkaitan agar dapat mengingkatkan kecerdasan sosial secara maksimal dengan didukung oleh tujuh metode kepramukaan yang telah berjalan dengan efektif dan lancar. Sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan sosial siswa dalam kegiatan kepramukaan di SMPN 202 Jakarta cenderung berhasil, sebagai bekal hidup bermasyarakat, mempermudah berinteraksi dengan orang lain, dan berujung pada kemudahan dalam pencapaian kesuksesan hidup anggota Pramuka di masa yang akan datang.
Kata kunci : Kecerdasan sosial, kegiatan kepramukaan, anggota Pramuka (siswa) SMPN 202 Jakarta,
Bibliografi : lembar 167-169
SS00007748 | SK 7748 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain