Text
Pengembangan modul berbasis problem based learning untuk materi usaha dan energi di SMA : sesuai kurikulum 2013
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
UNTUK MATERI USAHA dan ENERGI di SMA
(sesuai kurikulum 2013)
Mohamad Ardian Leonda
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul dengan pendekatan
langkah-langkah problem based learning, dimana langkah–langkah kegiatan ini
dirancang terutama untuk membantu peserta didik mengembangkan pemikiran
mereka, pemecahan masalah, dan keterampilan intelektual, dimana dengan
pengalaman mereka melalui situasi nyata atau simulasi dan menjadi pelajar yang
mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan
(development research) dengan tahapan 1) mengkaji tuntutan standar kurikulum
dan inventarisasi permasalahan guru; 2) perancangan modul, pembuatan modul
dan uji validasi oleh tenaga ahli; 3) tahap implementasi, modul diuji cobakan
terhadap siswa SMA kelas XI untuk mengetahui penilaian siswa terhadap modul.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh dapat disimpulkan bahwa media yang
dikembangkan layak digunakan sebagai bahan pembelajaran fisika.
Kata kunci: Penelitian pengembangan, modul, problem based learning Bibliografi : lembar 58-59
TM00001283 | TM 1283 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain