Text
Pengaruh model pembelajaran dan belief matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa : penelitian eksperimen di SMPN 15 dan 17 Kota Tangerang
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BELIEF MATEMATIKA
TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
(Penelitian Eksperimen di SMPN 15 dan 17 Kota Tangerang)
Lely Lailatus Syarifah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan
belief matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Model
pembelajaran yang digunakan adalah model learning cycle dan model pembelajaran
langsung. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain
faktorial 2 x 2 treatment by level. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa
tes komunikasi matematis dan angket belief matematika. Populasi penelitian adalah
semua siswa kelas VIII SMPN di Kota Tangerang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Sampel diambil dengan teknik multistage random sampling. Teknik analisis
menggunakan two way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan pembelajaran
model learning cycle lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan
model pembelajaran langsung, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model
pembelajaran dan belief matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis
siswa, 3) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan
pembelajaran model learning cycle lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang
diberi perlakuan model pembelajaran langsung pada kelompok siswa yang memiliki
belief matematika tinggi, 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi
matematis siswa yang diberi perlakuan pembelajaran model learning cycle dengan
siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran langsung pada kelompok siswa
yang memiliki belief matematika rendah.
Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, belief matematika, model learning
cycle, model pembelajaran langsung.
Bibliografi : lembar 90-93
TM00001293 | TM 1293 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain