Text
Peran pendidikan karakter dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SD Karakter Depok
ABSTRAK
Hani Dwi Setyawati. Peran Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Tari di SD Karakter Depok. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Juni 2015.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan deskripsi yang lengkap tentang peran pendidikan karakter dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SD Karakter Depok. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi SD Karakter yang berlokasi di Cimanggis-Depok dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter yang belum ditemukan disekolah-sekolah lainnya sehingga pembelajaran tari menarik untuk diteliti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Proses penelitian berlangsung dari bulan Maret 2015 hingga Mei 2015. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, pengamatan, studi pustaka, dan studi dokumen, setelah data terkumpul selanjutnya data dianalisis. Teknik analisis data melalui beberapa tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi metode dan sumber Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa peran pendidikan karakter dalam pembelajaran ekstakurikuler seni tari di SD Karakter Depok meliputi nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa peran pendidikan karakter yang diterapkan dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari di SD Karakter Depok adalah membentuk karakter siswa dengan cara mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan karakter serta mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengasah potensi siswa, bakat, kepribadian, kerjasama dan kemandirian siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari.
Kata kunci: Karakter, Ekstrakurikuler, Seni Tari
ABSTRACT
Hani Dwi Setyawati. The Role of Character Education in the dance art extracurricular learning in Karakter Elementary School. Thesis. Jakarta: Faculty of Language and Art. State University Of Jakarta. June 2015.
The purpose of this research is to make a complete description of the role of character education in the dance art extracurricular at Karakter Elementary School Depok. This research was motivated by conditions of Karakter Elementary School located in Depok in learning of dance art extracurricular is applying the values of character education which undiscovered in other schools so that learning dance art more interesting to study. This research use descriptive qualitative method. The research process lasts from March 2015 to May 2015. The technique of collecting data through interviews, observation, literature study, and document study, after the data collected, the next was analyzed the data. Data analysis techniques through several steps those are reduction, data presentation and conclusion. The validity technicue of the data used in this study is triangulation of methods and sources Results from this study explained that the role of character education in learning the the dance art extracurricular in Karakter Elementary School Depok include religious values, honesty, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, the spirit of nationalism, patriotism, respect for the achievements , friends / communicative, love peace, love reading, environmental care, social care and responsibility. The conclusions of this study shows that the role of character education are applied in the dance art extracurricular in Karakter Elementary School Depok is shaping the character of students by implementing the values contained in the character education as well as affect the success of students in exploring students potential, talent, personality, cooperation and independence of students in extracurricular activities of dance.
Keywords: Character, Extracurricular, Dance Art
Bibliografi : lembar 88-89
SS00007673 | Sk 7673 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain