Text
Peningkatan kemampuan matematika permulaan melalui pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)) : penelitian tindakan pada anak kelompok A di TK "Asyiyah 48 Pulo Asem Jakarta Timur 2015
PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL
(Penelitian Tindakan di Kelompok A TK Aisyiyah 48 Pulo Asem Jakarta Timur, Tahun 2015)
ERTI SETYAWATI NOORHAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara empiris tentang meningkatnya kemampuan matematika permulaan di TK Aisyiyah 48 Pulo asem dengan peembelajaran Kontekstual.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian (Action research). Penelitian tindakan dilakukan dengan dua siklus, yang terdiri dari 4 tahap pada setiap siklus, yaitu : (a) perencanaan (Planning); (b) tindakan (acting); (c) pengamatan (observing); dan (d) refleksi (reflecting). ≥ Sampel penelitian yang diambil dari anak yang mempunyai masalah dalam kemampuan matematika permulaan pada lokasi penelitian sebanyak 11 anak.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan “daftar check list”. Lembar catatan lapangan, kamera untuk dokumentasi. Teknik tes tertulis yang digunakan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tindakan dan data disiplin yaitu observasi.
Hasil analisis menunjukkan presentase nilai pengamatan aktivitas guru dan siswa pada siklus I sebesar 53,90% dan meningkat pada siklus II menjadi 75,26 %. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan matematika permulaan 4-5 tahun di TK Aisyiyah 48 Pulo Asem, Jakarta Timur.
Kata Kunci: Kemampuan, Matematika Permulaan, Pembelajaran Konstektual
Bibliografi : lembar 1570-160
TM00001166 | TM 1166 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain