Text
Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia : Penelitian tindakan di kelompok B-Taman Kanak-kanak Kristen Anugerah Jakarta Pusat 2013
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran membaca melalui multimedia di dalam ruang kelas atau secara klasikal dan apakah terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa Taman Kanak-kanak kelompok B setelah diberikan kegiatan pembelajaran dengan multimedia.
Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Kristen Anugerah Jakarta dengan subjek penelitian 28 siswa kelompok B, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 17 anak perempuan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari: a) Perencanaan, b)Tindakan, c)Pengamatan dan d)Refleksi. Lalu, dikembangkan lagi oleh Jamaris, yang menambahkan ‘observasi awal’ sebagai data perbandingan setelah dilakukan tindakan pada observasi akhir, sehingga prosentase pencapaian target pembelajaran dapat terukur. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca melalui multimedia dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa TK.B. Adapun proses pembelajaran melalui multimedia terdiri dari kegiatan membaca huruf, kata dan kalimat sederhana dengan menggunakan berbagai metode dan strategi pengajaran yang variatif dan menarik.
The aim of this research is to know how the process of the reading instruction through Multimedia in the classroom classically and whether any increase of grade B Kindergarten students capability of early reading after giving reading activities through Multimedia Learning.
The subject of this research is 28 students of grade B at Taman Kanak-kanak Kristen Anugerah Jakarta, consisting of 11 boys and 17 girls.
This research used action research method according to Kemmis and Mc.Taggart that consists of four steps: a) plan, b) action, c) observation, and d) reflection. Then, it was developed again by Jamaris who added the beginning observation as a comparison after the action observation is done, so that the percentage target of the learning achievement could be measured. The data was collected by field notes, interviews, documentations and observations. The data was analyzed by qualitative and quantitative method.
The result of this research shows that the reading through Multimedia could increase early reading capability of grade B Kindergarten student. The learning process through Multimedia consists of reading letters, words and simple sentences by using the interesting variation of method and strategy instruction.
~Bibliografi : lembar 209-215
TM00004790 | TM 4790 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain