Text
Pengembangan media pembelajaran teknik penyuntingan gambar (video editing) pada mata kuliah sistem multimedia
ABSTRAK
SANDY HERMAWAN. Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Penyuntingan Gambar (Video Editing) Pada Mata Kuliah Sistem Multimedia. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk multimedia interaktif teknik penyuntingan gambar video menggunakan perangkat lunak Adobe Premiere Pro 2.0.
Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Hasil penelitian dan pengembangan didapat setelah dilakukan evaluasi oleh para ahli (ahli media dan ahli materi) dan evaluasi uji lapangan. Pada tahap evaluasi oleh ahli media diperoleh nilai keseluruhan 88% sehingga media pembelajaran dinyatakan sangat baik. Pada evaluasi ahli materi 1 diperoleh nilai keseluruhan 94% dan ahli materi 2 diperoleh nilai keseluruhan 98% sehingga media pembelajaran dinyatakan sangat baik. Pada tahap uji lapangan, dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui kemampuan mahasiswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
Hasil rata-rata yang didapat pada saat pre test adalah 60,8. Sedangkan pada saat post test adalah 83,6. Kemudian hasil dari evaluasi uji lapangan yang diberikan oleh mahasiswa mendapatkan nilai keseluruhan 80% sehingga media pembelajaran dinyatakan baik.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia interaktif, Video Editing
ABSTRACT
SANDY HERMAWAN. The Development of Instructional Media of Technique Video Editing In the Multimedia Systems Course.Skripsi. Jakarta: Study Program Electrical Engineering, Department of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, State University of Jakarta, in 2015.
Instructional media development research aims to produce an interactive multimedia learning media in the form of a video image editing techniques using the software Adobe Premiere Pro 2.0.
Development of instructional media using research methods Research and Development. Research and development results obtained after the evaluation by experts (experts and the media matter experts) and evaluation of field test. At this stage of the evaluation by the expert media obtained 88% of the overall value that otherwise excellent learning media. In the expert evaluation of the overall value of material 1 obtained 94% and gained matter experts 2 overall score of 98% so that the otherwise excellent learning media. In the field test phase, conducted pre-test and post-test to determine the ability of students before and after using a medium of learning.
Average results obtained during pre-test was 60.8. Meanwhile, when the post-test was 83.6. Then the results of the field test evaluations given by students gain overall score of 80% so that the otherwise good learning media.
Keywords: Instructional Media, Multimedia Interactive, Video Editing
Bibliografi : lembar 89
SS00007977 | SK 7977 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain