Text
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik SQ4R (penelitian tindakan pada siswa kelas iv SD negeri Cibodas 4 kecamatan Cibodas kota Tangerang )
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI TEKNIK SQ4R
Penelitian Tindakan pada Siswa Kelas VI SD Negeri Cibodas 4
Kecamatan Cibodas Kota Tangerang
Yuliana Gustinur
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
siswa melalui teknik SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, dan Review). Penelitian
dilaksanakan di SD Negeri Cibodas 4 Kota Tangerang, dengan subjek penelitian siswa kelas
VI yang berjumlah 54 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research)
dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Kuantitatif
diperoleh dari tes objektif yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca
pemahaman. Sedangkan kualitatif menggunakan lembar observasi bertujuan mengamati
aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik SQ4R
dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa
kelas VI SD Negeri Cibodas 4 Kota Tangerang. Hal ini buktikan dengan adanya peningkatan
jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai ratarata
tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada siklus I sebesar 57,4% dan akhir siklus II
sebesar 85%, sedangkan nilai rata-rata tes pada siklus I 69,2 dan akhir siklus II 75,6. Selain
itu aktivitas guru dan siswa yang terdapat pada langkah-langkah pembelajaran telah
mencapai 100% pada akhir siklus II.
Kata kunci: membaca pemahaman, SQ4R
Bibliografi :168-171
TM00001380 | TM 1380 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain