Text
Pendidikan kewarganegaraan melalui pendekatan multiple intelligence di sekolah Citra Alam (studi deskriftif di SMP Citra Alam Ciganjur-Jakarta Selatan)
ABSTRAK
ROSIDA, Pendidikan Kewarganegaraan melalui Pendekatan Multiple
Intellegences di Sekolah Citra Alam (studi deskriptif di SMP Citra Alam Ciganjur
– Jakarta Selatan). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan (PPKN), Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta,
2016.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi
mengenai Pendekatan Multiple Intelligences dalam Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan di SMP Citra Alam Ciganjur – Jakarta Selatan.
Sumber data penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran PKn di
SMP Citra Alam selaku key informan sebanyak dua orang. Serta mewawancarai
kepala sekolah SMP Citra Alam. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dengan metode desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Pendidikan Kewarganegaraan di
Sekolah Citra Alam menerapkan pendekatan multiple intelligence baik dalam
pembelajaran maupun kesehariannya. Pendekatan multiple intelligences di SMP Citra
Alam ada tiga tahapan yaitu input, proses dan output. Dalam pembelajaran PKn
Pendekatan multiple intelligences guru menerapkan berbagai macam metode
untuk mengoptimalkan kecerdasan yang dimiliki oleh siswa dan menambah
motivasi siswa dalam kegiatan belajar serta tujuan pembelajaran PKn ini tercapai
secara efektif karena pembelajarannya memberikan praktik langsung kepada
siswa.
Keyword (Pendekatan multiple intelligences, Pendidikan Kewarganegaraan, PKn)
Bibliografi : lembar 48-49
SS00008188 | SK 8188 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain