Text
Peran pendidikan agama Islam dalam pembentukan kepribadian siswa : studi kasus di SMAN 62 Jakarta
ABSTRAK
Muhammad Rizki Hardireza, Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 62 Kramat Jati Jakarta Timur, Skripsi.
Jakarta: Program Studi Ilmu Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris yang valid (shahih) dan reliabel (dapat dipercaya) tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Siswa di SMAN 62 Kramat Jati Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 62 Jakarta yang beralamat di Jl. Raya Bogor, Kramat Jati, Jakarta timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 62 Jakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan presentase yang digunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian.
Kesimpulan penelitian menunjukan peran guru PAI dalam pembentukan kepribadian siswa di SMAN 62 Jakarta, yaitu sebagai pengajar/intruksional, motivator, manajer/pengelola kelas, konselor dan dan model termasuk dalam kategori “Baik” . Adapun kepribadian siswa di SMAN 62 Jakarta, yaitu yang berkaitan dengan hubungan dengan Allah SWT (hablum minallah) dan hubungan dengan sesama manusia (hablum minannas) dalam kategori “Baik”.
Kata Kunci : Peran guru PAI, Kepribadian Siswa
Bibliografi : lembar 116-117
SS00008257 | SK 8257 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain