Text
Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar gambar teknik
BABSTRAK
Andri Sulistiyo (5215111726). “Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Gambar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Konsentrasi Telekomunikasi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Gambar Teknik di SMK N 2 Depok. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen, dengan sampel sebanyak 70 orang yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen ini telah diuji validitas dan reabilitas soal. Melalui validitas 50 soal, diambil 48 soal yang valid namun hanya 30 soal yang digunakan sebagai bahan tes. Hasil dari tes tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji “t” berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 7,96 dan ttabel sebesar 1,995 sehingga thitung >ttabel ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh dan perbedaan antara model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions terhadap hasil belajar Gambar Teknik. Hal ini menunjukkan pengaruh terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran, Student Teams Achievement Divisions , hasil belajar, Gambar Teknik
Bibliografi : lembar 60-61
SS00008286 | SK 8286 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain