Text
Peningkatan hasil belajar teknik listrik dasar otomotif melalui model pembelajaran tipe student team achievement divisions (STAD) pada siswa kelas X SMKN 39 Jakarta
ABSTRAK
Muhammad Sandy Ananda Pratama. Peningkatan Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif Melalui Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions Pada Siswa Kelas X SMKN 39 Jakarta.
Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2015
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif melalui model Pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada siswa X TKR 2 SMKN 39 Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam penelitian ini memiliki dua variabel yaitu model pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dan hasil belajar teknik listrik dasar otomotif siswa. Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi tiga siklus, dan pada setiap siklusnya diterapkan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).
Pada siklus I, diperoleh hasil belajar teknik listrik dasar otomotif pada materi dasar-dasar elektronika yaitu kapasitor dengan hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kelas=65,32 ; nilai pencapaian target=19,35% ; nilai tertinggi=85 ; nilai terendah=30 dan modus=65. Selanjutnya pada siklus II, diperoleh hasil belajar teknik listrik dasar otomotif pada materi dasar-dasar elektronika yaitu kapasitor dengan hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kelas=74,19 ; nilai pencapaian target=64,52% ; nilai tertinggi=95 ; nilai terendah=50 dan modus=80. Dan pada siklus III, diperoleh hasil belajar teknik listrik dasar otomotif pada materi dasar-dasar elektronika yaitu kapasitor dengan hasil sebagai berikut: nilai rata-rata kelas=88,10 ; nilai pencapaian target=87,10% ; nilai tertinggi=100 ; nilai terendah=60 dan modus=85.
Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar teknik listrik dasar otomotif siswa di setiap siklusnya dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Divisions (STAD).
Kata kunci : Model Pembelajaran Tipe Student Team Achievement Divisions, Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomotif Bibliografi : lembar 73-74
SS00008122 | SK 8122 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.008) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain