Text
Pengaruh rasio murid guru, pendapatan perkapita dan pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap ketimpangan pendidikan di Indonesia pada tahun 2009-2012
ABSTRAK
DESI INDRAWATI, Pengaruh Rasio Murid Guru, Pendapatan Perkapita dan
Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Terhadap Ketimpangan Pendidikan di Indonesia Tahun 2009-2012. Pendidikan Ekonomi Koperasi, Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Dosen Pembimbing: Dr.Siti Nurjanah SE, M.Si dan Dicky Iranto, SE, M.SE.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Rasio Murid Guru, Pendapatan Perkapita dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Terhadap Ketimpangan Pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex post Facto. Jenis data yang digunakan adalah data panel yang menggabungkan antara data Time Series dan Cross Section, dengan data sekunder yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Keuangan, dan Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan. Pengolahan data menggunakan uji chow dan uji hausman.
Penelitian ini dilaksanakan dengan mengambil data Rasio Murid Guru, Pendapatan per kapita dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan antar provinsi di Indonesia pada tahun 2009- 2012. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Rasio Murid Guru berpengaruh positif, sedangkan Pendapatan per kapita dan Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan baik secara parsial dan simultan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap Ketimpangan Pendidikan. Dengan Persamaan regresi LnGP = 0.722752 + 0.212835 LnRMGit - 0.095625 LnYCit - 0.044269 LnGEit + e.
Kata Kunci: Rasio Murid Guru, Pendapatan per kapita, Pengeluaran Pemerintah Sektor
Pendidikan, ketimpangan pendidikan
ABSTRACT
DESI INDRAWATI, The Influence Of Pupil-Teacher Ratio, Income Percapita, Government Expenditure Of Education Sector On Educational Inequality in Indonesia in 2009-2012. Cooperative Economics Education, Economics and Administration, Faculty of Economics, State University of Jakarta, 2015. Supervisor: Dr.Siti Nurjanah SE, M.Si and Dicky Iranto, SE, M.Si.
This study aims to determine how much influence the Student-Teacher Ratio, Income Percapita, Government Expenditure Of Education Sector On Educational Inequality in Indonesia. This study uses research methods Ex post facto. The data used is panel data that combines the data time series and cross section, with secondary data published by the Central Statistics Agency (BPS), the Ministry of Finance, and of Ministry of Education and Culture. Processing data using chow test and Hausman test.
This research was carried out by taking the data of Student-Teacher Ratio, Income Percapita, Government Expenditure Of Education Sector On Educational Inequality in 33 provinces in Indonesia in 2009-2013. The results showed that: Student-Teacher Ratio have a positive effect, while Income Percapita and Government Expenditure Of Education Sector both partially and simultaneously have a negative and significant effect on Educational Inequality. With the regression equation LnGP = 0.722752 + 0.212835 LnRMGit - 0.095625 LnYCit - 0.044269 LnGEit + e.
Keyword:Student-Teacher Ratio, Income Percapita, Government
Expenditure Of Education Sector, Educational Inequality
Bibliografi : lembar 92-94
SS00008378 | SK 8378 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.08.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain