Text
Hubungan antara tingkat persepsi siswa tentang metode pembelajaran sosiologi dengan hasil belajar di SMA Kelas XI SMA Negeri 23 Jakarta
ABSTRAK
Muhammad Iqbal Salahuddin, Hubungan Antara Tingkat Persepsi Siswa Tentang
Metode Pembelajaran Sosiologi dengan Hasil Belajar di Kelas XI SMA Negeri 23
Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial,
Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang metode
pembelajaran sosiologi dengan hasil belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif.Jumlah populasi
berjumlah 120 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 36 siswa.Pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling.Data dikumpulkan menggunakan metode
angklet, wawancara serta dokumentasi.
Uji persyaratan analisis menggunakan uji item test, uji validitas, uji reabelitas, uji
normalitas dan uji homogenitas. Pada uji item test terdapat 2 butir soal yang tidak
valid dari butir yang jumlah 20 butir.Pada butir yang tidak valid dibuang karena
masih diwakilkan oleh indikator yang butirnya valid.Dalam uji reabelitas untuk
instrumen persepsi siswa terhadap pembelajaran sosiologi didapatkan hasil
0,685.Nilai tersebut kemudian dikonsultasikan pada tabel tingkat keterandalan,
sehingga tingkat keterandalan untuk instrumen persepsi siswa terhadap metode
pembelajaran sosiologi tinggi. Uji normalitas dapat diketahui bahwa nilai sebesar
0,861 lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi
normal. Dalam uji homogenitas diketahui bahwa nilai signifikansi variabel hasil
belajar (Y) berdasarkan variabel Persepsi siswa (X) yaitu 0,08 lebih besar dari 0,05
artinya variabel Y berdasarkan variabel X mempunyai varian yang sama..
Uji hipotesis penelitan menggunakan uji chi-square nilai Asymp.sig sebesar 0,317.
Karena nilai asymp.sig 0,317 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa
Ho diterima yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi dengan
hasil belajar siswa. Hal ini dapat diartikan persepsi siswa tidek mempunyai korelasi
dengan hasil belajar.
Kata Kunci: Pendidikan, persepsi siswa, metode pembelajaran sosiologi, hasil
belajar
SS00008421 | SK 8421 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain