Text
Peningkatan hasil belajar huruf hiragana melalui penggunaan teknik finger painting pada siswa SMK Negeri 26 Jakarta
ABSTRAK
Nurul Fitry. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Huruf Hiragana Melalui Penggunaan Teknik Finger painting Pada Siswa SMK Negeri 26 Jakarta. Skripsi, Jurusan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang mempengaruhi hasil belajar dan proses pembelajaran dalam pembelajaran huruf hiragana pada siswa SMK Negeri 26 Jakarta. Berdasarkan hasil wawancara guru hasil belajar huruf hiragana siswa masih rendah. Hal ini diperkuat dengan melihat hasil yang diperoleh dalam penelitian awal bahwa rata-rata hasil belajar huruf hiragana siswa masih cukup rendah yakni 36. Selain itu berdasarkan hasil wawancara siswa, siswa juga membutuhkan inovasi pembelajaran agar pembelajaran menyenangkan dan tidak terkesan monoton. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti menggunakan teknik finger painting dalam pembelajaran huruf hiragana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar huruf hiragana siswa dan meningkatkan hasil belajar huruf hiragana siswa dengan menggunakan teknik finger painting di SMK Negeri 26 Jakarta, serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan teknik finger painting dalam pembelajaran huruf hiragana. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model proses siklus yang mengacu pada model PTK Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak tiga siklus dengan berkolaborasi bersama guru ekstrakulikuler bahasa Jepang. Desain intervensi dalam rancangan memiliki empat fase kegiatan yakni perencanaan tindakan, tindakan, observasi, refleksi untuk melihat sejauh mana pencapaian hasil yang telah diperoleh siswa dan untuk mengevaluasi proses pembelajaran untuk dilaksanakan ke siklus berikutnya. Setelah menganalisis data, diperoleh hasil pengamatan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta catatan lapangan bahwa aktivitas pembelajaran yang telah dilaksanakan pada siklus I sampai siklus III mengalami peningkatan dan perubahan ke arah yang lebih baik. Dan berdasarkan hasil tes didapatkan rata-rata hasil belajar huruf hiragana siswa pada siklus I sebesar 87, pada siklus II rata-rata hasil belajar huruf hiragana siswa sebesar 96, kemudian pada siklus III rata-rata hasil belajar huruf hiragana siswa mencapai 98. Selain itu dari siklus I sampai siklus III sebanyak 100% siswa telah mencapai nilai di atas KKM. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar huruf hiragana siswa SMK Negeri 26 Jakarta mengalami peningkatan dan seluruh siswa mencapai nilai di atas KKM.
Kata kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Hiragana, Teknik Finger Painting
Bibliografi : lembar 182-185
SS00008403 | SK 8403 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain