Text
Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar teknik elektronika dasar (studi eksperimen pada peserta didik kelas X TAV SMKN 5 Jakarta)
ABSTRAK
Fitri Arrosyidah (5215110452). “Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Teknik Elektronika Dasar (Studi Eksperimen pada Peserta Didik X TAV SMK N 5 Jakarta)”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, Konsentrasi Telekomunikasi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar Teknik Elektronika Dasar di SMK N 5 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment, dengan sampel sebanyak 60 orang yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda. Sebelum instrumen tes digunakan, instrumen ini telah diuji validitas dan reliabilitas soal. Melalui validitas 40 soal dan 40 soal tersebut valid namun hanya 30 soal yang digunakan sebagai bahan tes. Hasil dari tes tersebut dilakukan uji statistik menggunakan uji “t” berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,34 dan ttabel sebesar 2,002 sehingga thitung > ttabel ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa
SS00008458 | SK 8458 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2016.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain