Text
Upaya meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Papua melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif Formulate-Share-Listen-Create (FSLC) di STKIP Surya
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL
DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWAPAPUA
MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) DI STKIP SURYA
Adelia Pramarista
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi
pembelajaran kooperatif FSLC dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan
komunikasi matematis mahasiswa Papua. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis
mahasiswa Papua. Kedua hal tersebut merupakan hal yang perlu dimiliki oleh
mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 6 mahasiswa Papua di salah satu kelas
matrikulasi Matematika semester dua STKIP Surya tahun ajaran 2014-2015
dengan dua orang mahasiswa berkemampuan akademik tinggi, dua orang
mahasiswa berkemampuan akademik sedang dan dua orang mahasiswa
berkemampuan akademik rendah.
Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
model Kemmis dan Mc Taggart dengan pemberian tes kemampuan akhir pada
setiap akhir siklusnya. Penelitian tindakan dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus
terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi, tes tertulis, dokumen
aktivitas pembelajaran serta hasil kerja mahasiswa. Proses analisis data dimulai
dengan mengkaji seluruh data yang didapat selama penelitian berlangsung. Data
penelitian dianalisis dengan melalui tahap reduksi data, display data dan
penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasi,
member checking, dan peer examination.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran
kooperatif FSLC dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan
komunikasi matematis mahasiswa Papua. Pelaksanaan tindakan telah memenuhi
indikator keberhasilan tindakan. Hasil pekerjaan mahasiswa menunjukkan bahwa
pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa telah
meningkat dengan cukup baik selama proses pembelajaran berlangsung.
Peningkatan pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis
dapat dilihat dari meningkatnya hasil tes kemampuan akhir pada setiap siklus
serta intensitas kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama kegiatan diskusi.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran Formulate-Share-Listen-Create (FSLC),
Pemahaman Konseptual, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Bibliografi : lembar 251-253
TM00001422 | TM 1422 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain