Text
Peningkatan kemampuan menulis puisi melalui metode quantum teaching pada siswa kelas III SDN Jayasakti 03 Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi : studi kasus di Bekasi
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI METODE QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS III SDN JAYASAKTI 03 KECAMATAN MUARAGEMBONG KABUPATEN BEKASI
SEPTI SENOPARI
PPS Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Dasar
Septi.senopari@gmail.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui metode quantum teaching. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Jayasakti 03 Kecamatan Muaragembong dimulai pada bulan Juli sampai November 2015, subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, , tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil menunjukan presentase kemampuan menulis puisi meningkat 36% dari 45, 4% jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus I menjadi 81, 8% jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada siklus II. Sedangkan data pemantau tindakan pembelajaran dengan metode quantum teaching meningkat 26, 6% dari 63, 6% pada siklus I menjadi 93, 3% pada siklus II. Dari hasil penelitian, dapat dinyatakan bahwa menggunakan metode quantum teaching dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi. Kesimpulannya adalah bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode quantum teaching dapat dijadikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi kelas III SDN Jayasakti 03 Kecamatan Muaragembong.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Puisi, Metode Quantum Teaching, Action Research. Bibliogarfi : lembar 110-112
TM00001441 | TM 1441 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain