Text
The use of authentic materials in teaching speaking for hotel accommodation students
ABSTRAK
Evelyn Tiur Maraya, 2015. Penggunaan Materi Otentik dalam Pengajaran Berbicara untuk Siswa Akomodasi Perhotelan.Skripsi: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana guru menggunakan dan memilih materi otentik dalam pengajaran berbicara di ruang kelas. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan respon siswa dan guru terhadap penggunaan materi otentik dalam pembelajaran berbicara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Jayawisata 1 Jakarta dari awal Agustus sampai akhir September 2015. Dalam tahap pengumpulan data, peneliti menganalis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru, melakukan observasi di ruang kelas, dan melakukan wawancara dengan satu orang guru Bahasa Inggris dan sembilan orang siswa dari kelas sepuluh dan dua belas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan materi otentik di ruang kelas meskipun tidak dinyatakan dalam RPP guru tersebut. Guru menggunakan cendrung menggunakan video dan satu kali menggunakan kalender sebagai materi otentiknya. Dalam pemilihan materi, guru mempertimbangkan beberapa kriteria seperti, kecocokan materi dengan topik pembelajaran dan relevansinya dengan kurikulum. Selanjutnya, guru dan siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan materi otentik ini. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa materi otentik bersifat menarik dan memotivasi, serta berguna untuk memenuhi kebutuhan siswa.
Kata kunci: materi otentik, siswa akomodasi perhotelan, pengajaran berbicara
ABSTRACT
Evelyn Tiur Maraya, 2015. The Use of Authentic Materials in Teaching Speaking for Hotel Accommodation Students.Thesis: English Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta. This study is aimed to explore how the teacher selects and implement authentic materials for teaching speaking in the classroom. The study is also intended to find out the students and teacher’s responses towards the use of authentic materials for speaking. The method of this study is case study. This study was conducted in SMK Jayawisata 1 Jakarta from the beginning of August to the end of September 2015. In collecting the data, the writer analyzed the teacher’s lesson plans, conducted observation in the classroom, and had interview with one English teacher and nine students who were in tenth and twelfth grades. The result shows that the teacher used authentic materials in the classroom even though he did not state it in his lesson plan. He mostly used videos containing casual conversations from TV series and once used a calendar as his authentic materials. In selecting the materials, the teacher considered some criteria such as, suitability of materials with the topic of learning and the relevance with the curriculum. Furthermore, students and teacher responses towards authentic materials were positive. The results suggest that authentic materials are interesting and motivating since students are exposed to the real language usage and can arise students’ motivation in learning English. Authentic materials are also useful to meet the students’ needs.
Keywords: Authentic materials, hotel accommodation students, teaching speaking
Bibliografi : lembar 42-43
SS00008498 | SK 8498 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain