Text
The analysis of English for academic purpose textbook "Integrated English" of vocational Program of Bogor Agricultural University : submitted to fulfill of the requirements of writing a thesis
ABSTRAK
Gatot Widodo, 2016. “Analisis Buku Teks Bahasa Inggris Untuk Tujuan Akademik ‘Integrated English’ Bagi Mahasiswa Program Diploma, Institut Pertanian Bogor”,Tesis. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Tidak ada yang bisa memungkiri fungsi penting dari buku teks dalam Pembelajaran Bahasa Inggris terutama untuk Bahasa Inggris untuk Tujuan Akademik (EAP) yang merupakan domain dasar di universitas; namun demikian, sebagian besar buku pelajaran EAP yang tidak terkait dengan budaya universitas atau sejalan dengan kurikulum yang diterapkan (Abdulaziz, 2012). Oleh karena itu, evaluasi buku teks EAP menjadi penting untuk meningkatkan kesesuaiannya dengan kebutuhan dasar mahasiswa yang ada dalam tujuan universitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kesesuaian antara buku teks EAP "Integrated English" untuk program vokasi di Institut Pertanian Bogor dengan kebutuhan siswa yang dinyatakan dalam dokumen universitas yaitu visi, misi, rencana strategis, silabus dan tentu saja deskripsi, dengan menggunakan metode triangulasi mempertimbangkan enam komponen utama berfokus pada kurikulum berbasis internasional dan kompetensi. Analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang diterapkan untuk mengevaluasi EAP buku pertanian berdasarkan pedoman dan kerangka disajikan dalam checklist, kuesioner, dan wawancara bagi dosen Bahasa Inggris IPB untuk mendapatkan perspektif mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teksEAP "Integrated English" dalam kategori “sesuai” (76,90%), “cukup cocok” (62,95%), “mendekati Kurikulum Berbasis Internasional” (61,50%) dan baik dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (77%). Oleh karena itu, teksbook EAP "Integrated English" layak untuk digunakan bagi mahasiswa program vokasi Institut Pertanian Bogor baik secara politik dan edukasi, walaupun harus diubah di beberapa komponen untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan mendorong mereka untuk menggunakan dan mempelajari buku teks yang bermanfaat di tempat kerja di masa yang akan datang, terutama di bidang pertanian.
Kata kunci: EAP (English for Academic Purposes), Evaluasi Buku Teks, Kesesuaian, Kecocokan, Berdasarkan Internasional Kurikulum, Kurikulum Berbasis Kompetensi.
ABSTRACT
Gatot Widodo, 2016. “The Analysis of English for Academic Purposes Textbook ‘Integrated English’ of Vocational Program of Bogor Agricultural University”, Thesis. Jakarta: Master Program of English Education. Faculty of Language and Art. Jakarta State University.
No one can ignore the paramount function of textbooks in teaching-learning English especially for English for Academic Purposes (EAP) to form the basis of domain course in university; however, most of EAP textbooks are neither related to the culture of university nor in line with the curriculum applied (Abdulaziz, 2012). Therefore, EAP textbook evaluation is important to improve its suitability to the students’ needs in the university’s goals. This research was conducted to evaluate the suitability of EAP textbook “Integrated English” of vocational program of Bogor Agricultural University (BAU) to students’ needs which are stated in university’s documents namely vision, mission, strategic plan, syllabus and course description, by using triangulation methods considering six major components focusing on international and competence based curriculums. Qualitative and quantitative descriptive analyses were applied to evaluate the agricultural EAP textbook based on the guidelines and framework presented in the available checklist, questionaire, and interview for teachers to get their perspectives. The results indicated that the EAP textbook “Integrated English” could be appropriate (76.90%), quite suitable (62.95%), close to International Based Curriculum (61.50%) and good in Competence Based Curriculum (77%). Therefore, the EAP textbook “Integrated English” is feasible to use for vocational program students of BAU in both politically and educationally, but should be modified in some components to fulfill the students’ needs and encourage students to use and learn the textbook on what are important in their future workplace, especially in agricultural fields.
Keywords: EAP (English for Academic Purposes), Textbook Evaluation, Appropriateness, Suitability, International Based Curriculum, Competence Based Curriculum.
Bibliografi : lembar 92-96
TM00001473 | TM 1473 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain