Text
Upaya meningkatkan koneksi matematis siswa melalui metode pembelajaran conceptial understanding procedures (CUPs) pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 118 Jakarta
ABSTRAK
BAGASTANTRI DYAH N M. Upaya Meningkatkan Koneksi Matematis Melalui Metode
Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Pada Siswa Kelas VIII-F SMP
Negeri 118 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program StudiPendidiakn Matematika, Fakulras
Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Berdasarkan hasil obeervasi dan hasil tes awal kemampuan koneksi matematis yang
dilakukan di kelas VIII-F SMp Negeri 118 Jakarta, terlihat bahwa kemampuan koneksi
matematis siswa masih rendah, sehingga kemampuan tersebut perlu ditingkatkan, dalam hal ini,
metode pembelajaran CUPs dapat dijadikan sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran
matematika di kelas. Metode pembelajaran CUPs terdiri dari tiga tahap, yaitu individual, diskusi
triplet,, dan diskusi kelass, dimana masing-masing tahapannya dapat meningkatkan koneksi
matematis siswa melalui metode pembelajran CUPs pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 118
Jakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus
dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Pada setiap siklus, pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan metode pembelajaran CUPs.
Siswa diberikan tes pada setiap akhir silus untuk mengukur kemampuan koneksi matematis
siswa. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni sampai Juli 2015 d kelas VIII-F SMP Negeri
118 Jakarta tahun ajaran 2014/2015/, dengan jumlah siswa 36 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui metode
prmbrlajaran CUPs dapat meningkatkan koneksi matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan
dengan adanya peningkatan rata-rata tes kemampuan koneksi matematis siswa. Rata-rata nilai tes
kemampuan koneksi matematis siswa pada siklus I adalah 63,19, pada siklus II meningkat
menjadi 69,44 dan pada siklus III meningkat menjad 76, 85. Kemudian jumlah siswa yang mniali
koneksi matematis mencapai atau melebihi 75 juga mengalami peningkatan/ pada siklus I
sebanyak 22%, pada siklus II meningkat menjadi 39%, dan pada siklus III meningkat menjadi
78%.
Kata Kunci : Koneksi Matematis, Metode Pembelajaran CUPs
Bibliografi : lembar 124-126
SS00008800 | SK 8800 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain