Text
Penetapan pendekatan matematika realistik dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pokok bahasa segiempat dan segitiga di kelasVII-4 SMP Negeri 5 Bekasi
ABSTRAK
NAFI MAHDAYATI Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga di Kelas VII-4 SMP Negeri 5 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah salah satu bagian dari berpikir matematis yang penting dalam proses pembelajaran matematika. Hal itu dikarenakan semua materi dalam pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman. Berdasarkan hasil tes observasi penelitian yang diberikan kepada kelas VII-1 sampai kelas VII-4 yang mempunyai kemampuan akademik yang berbeda-beda menunjukkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih sangat rendah terutama di kelas VII-4. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dari bulan Maret hingga April 2015 di kelas VII-4 SMP Negeri 5 Bekasi tahun ajaran 2014/2015. Setiap siklus terdiri dari dua kali penyajian materi. Satu penyajian materi terdiri dari beberapa tahapan yang merupakan tahapan dari pendekatan matematika realistik yaitu mengkondisikan siswa untuk belajar, mengajukan masalah kontekstual, membimbing siswa untuk menyelesaikan masalah kontekstual, meminta siswa menyajikan penyelesaian atau selesaian masalah, membandingkan dan mendiskusikan penyelesaian atau selesaian masalah, dan bernegosiasi. Siswa duduk secara berkelompok untuk menyelesaikan masalah dengan menjawab lembar kerja diskusi yang telah disiapkan. Saat diskusi, siswa dikelompokkan berdasarkan kemampuan akademik yang heterogen.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan yang cukup baik. Hal tersebut bisa dilihat pada saat tanya jawab siswa dengan guru, diskusi, dan hasil setiap tes akhir siklus. Rata-rata nilai tes akhir siklus I 78,51, rata-rata nilai tes akhir siklus II 81,25, dan rata-rata nilai tes akhir siklus III 87,98. Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut, (1) Meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa melalui pendekatan matematika realistik. (2) Merencanakan pembelajaran dengan baik agar pendekatan matematika realistik dapat tersampaikan dan semua tahapan dapat dilakukan dengan baik. Perencanaan yang baik akan mendapatkan hasil yang maksimal. (3) Kemampuan pemahaman konsep matematis secara keseluruhan mengalami pertumbuhan maksimal pada kelompok atas dan kelompok tengah, sedangkan kelompok bawah belum mencapai nilai maksimal.
Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Bibliografi : lembar 126-128
SS00008822 | SK 8822 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain