Text
Pengaruh motivasi dan self efficacy terhadap kinerja dosen Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut
RINGKASAN
Kinerja dosen berpengaruh langsung terhadap peserta kualitas pendidikan
setiap peserta didik. Semakin baik kinerja dosen maka akan semakin baik kualitas
pendidikan yang dihasilkan. Demikian sebaliknya semakin buruk kinerja dosen maka
akan semakin buruk juga kualitas pendidikan yang dihasilkan. Kinerja seorang
dosen Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut.masih ada yang belum
mendapat gelar magister hal ini dapat dilihat dari kinerja tugas dosen. Menurut
Stephen P Robbins, “task performance is performing the duties and responsibilities
that contribute to the production of a good or service or to administrative tasks. This
includes most of the tasks in a conventional job description”. Kinerja tugas yaitu
menampilkan tugas-tugas, tanggung jawab yang berkontribusi terhadap produksi
barang atau jasa atau tugas-tugas administrasi. Termasuk banyaknya tugas-tugas
dalam kerja konvensional. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja adalah Motivasi
dan Self-efficacy. Motivasi merupakan kekuatan yang menjadi pendorong kegiatan
individu. John R Shemmon mengatakan bahwa: “ Motivation refers to the individual
forces that account for the direction, level, and persistence of a pearson’s effort
expended at work”. Menurut Slocum bahwa karyawan memiliki self-efficacy rendah,
mereka percaya bahwa tidak peduli seberapa keras mereka mencoba, sesuatu akan
terjadi untuk mencegah mereka dari mencapai tingkat kinerja yang diinginkan. Ketika
orang percaya bahwa mereka tidak mampu melakukan pekerjaan yang diperlukan,
motivasi mereka untuk melakukan tugas akan rendah.
Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan tehnik analisis
jalur. Sampel penelitian dipilih sebanyak 63 dosen, menggunakan tehnik
pengambilan sampel acak sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah angket yang telah diuji coba dengan menghitung validitasnya
menggunakan Product Moment dari pearson dan pengujian relibialitas
menggunakan formula Alpha Cronbach. Variabel Kinerja 35 butir kuisioner dimana
setelah diuji coba terdapat hasil 34 butir valid dan 1 butir tidak valid. Variabel
motivasi 35 butir kuisioner dimana setelah diuji coba terdapat hasil 33 butir valid dan
2 butir tidak valid. Sedangkan variabel self-efficacy 35 butir kuisioner, setelah diuji
iv
coba terdapat hasil 32 butir valid dan 3 butir tidak valid. Untuk variabel kinerja
setelah uji coba koefisien relibialitas terdapat hasil sebesar 0,97. Variabel motivasi
setelah uji coba koefisien relibialitas terdapat hasil sebesar 0,95. Hasil uji coba
instrumen self-efficacy setelah uji coba koefisien relibialitas sebesar 0,90.
Dari hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh lansung positif motivasi terhadap kinerja dosen dengan nilai koefisien
korelasi sebesar r13= 0,9885 dengan nilai koefisien jalur sebesar p31= 0,535. Hal ini
menunjukkan bahwa motivasi yang tinggi akan berpengaruh lansung positif terhadap
kinerja dosen. Hasil pengujian kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
lansung positif self-efficacy terhadap kinerja dosen dengan nilai koefisien korelasi
sebesar r23= 0,9874 dengan nilai koefisien jalur sebesar p32= 0,452. Hal ini
menunjukkan bahwa self-efficacy akan berpengaruh lansung positif terhadap kinerja
dosen. Sedangkan Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
lansung positif motivasi terhadap self-efficacy dosen dengan nilai koefisien korelasi
sebesar r12= 0,988 dengan nilai koefisien jalur sebesar p21 = 0,988. Hal ini
menunjukkan bahwa motivasi akan berpengaruh lansung positif terhadap seflsfficacy
dosen. Berdasarkan pada hasil analisis data dapat dikekmukakan hasil
penelitian yakni : 1). Motivasi berpengaruh lansung positif terhadap kinerja dosen,
2). Self-efficacy berpengaruh lansung positif terhadap kinerja dosen, dan 3). Motivasi
berpengaruh lansung positif terhadap self-efficacy dosen. Motifasi yang tinggi dan
self-efficacy yang tinggi akan meningkatkan kinerja dosen.
Bibliografi : lembar 78-80
TM00001482 | TM 1482 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain