Text
Pengaruh metode pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN di Kecamatan Matraman Jakarta Timur
PENGARUH METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH SISWA KELAS V SDN DI KECAMATAN
MATRAMAN JAKARTA TIMUR
(2016)
Annisa’ul Chasanah W.R.
ABSTRAK
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pendidikan matematika realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Matraman Jakarta Timur sebanyak 42 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung= 1,90 dan ttabel=1,68 pada dk= 40 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pendidikan matematika realistik Indonesia berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa metode pendidikan matematika realistik Indonesia dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu merancang metode yang bervariasi serta menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi ajar untuk dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD.
Kata Kunci: Metode pendidikan matematika realistik Indonesia, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD
Bibliografi : lembar 71-72
SS00008506 | SK 8506 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain