Text
Adversity pada mahasiswa fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Jakarta yang sedang menyelesaikan skripsi
ADVERSITY PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI
(2016)
Trisna Rahmadani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran adversity pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta yang sedang menyelesaikan skripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey bersifat deskriptif. Total populasi sebanyak 822 mahasiswa dengan jumlah sampel 262 mahasiswa didapatkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen adversity menurut teori Paul G. Stoltz dengan skala likert. Uji reliabilitas menunjukkan nilai 0.917 menunjukkan bahwa skala yang digunakan adalah reliable. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, menunjukkan sebagian besar adversity mahasiswa berada pada kategori sedang sebesar 71,75% (188 mahasiswa). Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki kemampuan yang cukup tinggi terhadap kesulitan yang dihadapinya dalam proses menyelesaikan skripsi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dianjurkan bagi penyelenggara pendidikan untuk dapat memberikan program khusus berupa forum diskusi maupun seminar bagi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi.
Kata Kunci: adversity, mahasiswa, menyelesaikan skripsi
Bibliografi : lembar 97-100
SS00008836 | SK 8836 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain