Text
Peningkatan kemampuan adaptasi lingkungan melalui permainan puzzle : penelitian tindakan pada anak pengungsi kelompok A PAUD Save Tanah Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, 2015
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan adaptasi lingkungan melalui permainan puzzle. Berdasarkan observasi awal anak-anak belum dapat mengenal tempat-tempat dilingkungannya dengan baik. Teknik puzzle yang digunakan pada siklus pertama yaitu hidden picture puzzle dan siklus yang kedua adalah jigsaw puzzle. Puzzle adalah jenis permainan yang meningkatkan kemampuan spasial anak yang dapat digunakan untuk mengenal tempat-tempat di lingkungan anak, dengan menggunakan gambar yang sama dengan lingkungan yang akan perkenalkan. Penelitian ini dilakukan di PAUD Save Tanah Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada November –Desember 2015. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan model Kemmis Mc Taggart dengan menggunakan dua siklus yang terdiri dari 4 tahap: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah tiga belas anak pengungsi berusia empat sampai lima tahun. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan adaptasi lingkungan anak TK kelompok A melalui permainan puzzle meningkat, dapat dlihat dari skor pra itervensi 52,85%, pada siklus I menjadi 67,25% dan siklus II menjadi 86,44%. Data dikumpulkan melalui partisipan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Kata kunci: Adaptasi lingkungan, puzzle, pengungsi. Bibliografi : lembar 224-225
TM00001502 | TM 1502 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain