Text
Pengaruh iklim organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja dosen di SESKOAL
RINGKASAN
Stephen P. Robbins dan Timothy menyatakan bahwa,“organizational climate refers to the shared perceptions organizational members have about their organization and work environment”. Iklim organisasi mengacu pada persepsi bersama dosen dan rekan kerja lain tetang apa yang mereka miliki di sekitar organisasi dan lingkungan kerja. Stephen P.Robbin dan Timothy A. Judge , menulis “extensive use of vertical, lateral, and informal channels also increases communication flow, reduces uncertainty, and improves group performance and employee organization commitment”. Bahwa dalam penggunaan ekstensif saluran vertikal, lateral, dan informal juga meningkatkan aliran komunikasi, mengurangi ketidakpastian, dan meningkatkan kinerja kelompok serta komitmen organisasi. Selanjutnya Elangovan mengutarakan bahwa, “commitment of employees can be an important instrument for improving the performance of the organizations”. Komitmen pegawai dapat menjadi instrumen dalam meningkatkan kinerja. Stephen P. Robbins berpendapat bahwa komitmen organisasi adalah sampai tingkat mana seseorang dosen memihak pada suatu organisasi tertentu dan tujuan-tujuannya, dan berniat memelihara keanggotaan dalam organisasi tersebut. ” the degree to which an employee identifies with a particular organization and its goals and wishes to maintain membership in the organization”. Sejauh mana seorang karyawan mengidentifikasi dengan organisasi tertentu dan tujuan dan keinginan untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis data secara inferensial. Hasil uji coba instrumen kinerja dari 35 butir pernyataan yang diuji cobakan terdapat 30 butir yang valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,900. Hasil uji coba instrumen iklim organisasi dari 35 butir pernyataan yang diuji cobakan terdapat 31 butir yang valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,909 Hasil uji coba instrumen komitmen organisasi dari 35 butir pernyataan yang diuji cobakan
iv
terdapat 31 butir yang valid dengan koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,905.
Hasil uji signifikansi koefisien jalur sebesar 0,613 dan nilai koefisien thitung sebesar 4.16. Nilai koefisien ttabel untuk α = 0,01 sebesar 2,68. Ini berarti iklim organisasi berpengaruh secara langsung terhadap kinerja. Hasil uji signifikansi koefisien jalur sebesar koefisien jalur sebesar 0,416 dan nilai koefisien thitung sebesar 3,90. Nilai koefisien ttabel untuk α = 0,01 sebesar 2,68. Ini berarti komitmen organisasi berpengaruh secara langsung terhadap kinerja. Hasil uji signifikansi koefisien jalur sebesar 0,410 dan nilai koefisien thitung sebesar 3,24. Nilai koefisien ttabel untuk α = 0,01 sebesar 2,67. Ini berarti iklim organisasi berpengaruh secara langsung terhadap komitmen organisasi dapat diterima Dengan hasil tersebut, maka implikasinya adalah kinerja dapat ditingkatkan dengan cara memperbaiki iklim organisasi dan komitmen organisasi. Kesimpulan: 1) Iklim organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja. Artinya kondisi iklim organisasi yang dirasakan dosen mengakibatkan peningkatan kinerja dosen di Seskoal. 2) Komitmen organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja. Artinya peningkatan komitmen organisasi dosen mengakibatkan peningkatan kinerja dosen di Seskoal. 3) Iklim organisasi berpengaruh langsung positif terhadap kinerja. Artinya kondisi iklim organisasi yang dirasakan dosen akan mengakibatkan peningkatan komitmen organisasi dosen di Seskoal. Saran 1) sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi Pimpinan di Seskoal untuk menilai, memperhatikan, mengenal bawahannya (dosen) sehingga dapat membantu dan memotivasi dosen dalam bekerja. 2) Sebagai bahan masukan bagi para dosen di Seskoal untuk memperbaiki kinerjanya. 3) Sebagai bahan evaluasi bagi kinerja dosen yang nantinya dapat ditindak lanjuti Untuk dicarikan solusi pemecahan terhadap masalah-masalah lain yang berhubungan dengan komitmen dan iklim organisasi terhadap kinerja dosen di Seskoal.
Bibliografi : lembar 81-84
TM00001524 | TM 1524 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain