Text
Peningkatan keterampilan proses sains dasar IPA melalui metode pembelajaran kooperatif ipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Ciracas 06 Pagi, Ciracas, Jakarta Timur
“PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DASAR IPA
MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA
KELAS IV SDN CIRACAS 06 PAGI, CIRACAS, JAKARTA TIMUR”
Riana Kristina
RINGKASAN
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) dapat
meningkatkan keterampilan proses sains dasar siswa. Penelitian
dilaksanakan di SDN Ciracas 06 Pagi Jakarta Timur, dengan subjek
penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart,
yang dilakukan selama dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap
perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan, dan refleksi tindakan.
Proses pengumpulan data melalui tes kemampuan keterampilan proses sains
dasar khususnya tentang struktur tumbuhan dan fungsinya, dan non tes
berupa hasil observasi pelaksanaan metode numbered heads together,
dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa,
wawancara, catatan lapangan dan hasil dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan keterampilan proses sains dasar siswa,
khususnya tentang struktur tumbuhan dan fungsinya, dengan menggunakan
metode numbered heads together. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata
prosentase tiap indikator keterampilan proses sains dasar siswa pada siklus I
yaitu 52,50% untuk semua indikator yang tuntas, meningkat pada siklus II
mencapai 74,63% untuk semua indikator yang tuntas. Aktivitas guru dan
siswa sesuai langkah-langkah metode ini mencapai 100% (mastery learning)
pada siklus II. Implikasi dari penelitian ini mengindikasikan bahwa
penggunaan metode numbered heads together, membuat siswa lebih aktif
belajar, bertanggung jawab dan mandiri sesuai masalah yang nyata dan
kontekstual dengan pemahaman yang terintegrasi. Guru bisa
mengembangkan metode secara inovatif sesuai kebutuhan siswa, sehingga
proses pembelajaran menjadi dinamis dan bermakna.
Kata kunci : Metode numbered heads together, keterampilan proses sains
dasar, penelitian tindakan.
Bibliografi : lembar 208-212
TM00001534 | TM 1534 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain