Text
The dialogic interplay in English in academic discourse class at English Department Of State University Of Jakarta
ABSTRAK
Ratia Kusuma Primanti. 2016. Interaksi Dialogis di Kelas English in Academic Discourse Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi dialogis guru penulisan di kelas English in Academic Discourse Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta terhadap mahasiswanya dalam hal Teacher Writer’s Talk dan Textual Practices Across Contexts. Data sumber penelitian ini adalah interaksi dialogis guru penulisan yang terjadi pada saat proses pengajaran penulisan dan hasil wawancara dari guru penulisan dengan responden penelitian dosen mata kuliah penulisan di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta. Dengan mengadaptasi teori dari Bakhtin (1981) tentang Interaksi Dialogis (Dialogic Interplay), untuk menemukan keselarasan hasil observasi dan interview dengan kelima elemen panduan Bakhtin. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, disertai uraian analisa deskriptif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Character as a point of convergence (36%) mencapai persentase tertinggi di antara elemen lain panduan teori Bakhtin dari dua kelas penulisan dengan satu guru penulisan, dosen banyak menggunakan interaksi verbal untuk mendorong mahasiswanya. Hal itu membantu mereka untuk penulisan yang lebih ekspresif. Dosen juga membangun interaksi yang dapat mengajak mahasiswa ke dalam diskusi, dan membantu mahasiswa untuk mengetahui tujuan dari tulisan mereka sendiri dan mengkonsentrasikan tujuan dari penulisan mereka. Pengalaman dosen penulisan dalam latihan penulisan juga berpengaruh terhadap interaksi yang terjadi. Hal ini mengindikasikan bahwa dosen penulisan pada mata kuliah English in Academic Discourse di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Jakarta selaras dengan teori Bakhtin tentang interaksi dialogis. Sehingga, mahasiswa dapat memahami penulisan dengan baik.
Kata Kunci: Teori Dialogis, Interaksi Dialogis, Penulisan, Guru Penulisan, Pengalaman Penulisan
ABSTRACT
Ratia Kusuma Primanti. 2016. The Dialogic Interplay in English in Academic Discourse Class at English Department of State University of Jakarta. A Thesis. English Department, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta.
This study aims to find out how the dialogic interplay on teacher writing in English Academic Discourse class in English Department of the State University of Jakarta towards the students in terms of Teacher Writer's Talk and Textual Practices Across Contexts. Data source of this research is the interactions of writing teacher’s dialogue that occurred during the process of teaching writing and interview of the writing teacher, this study respondent is writing lecturer in English Department of the State University of Jakarta. By adapting the theory of Bakhtin (1981) on Dialogic Interplay, to find the conformity between the observations and interview with the five elements Bakhtin guideposts. The research methodology used is a qualitative approach, with discussions in descriptive analysis. The results of this study found that the concept of Character as a point of convergence (36%) reaches the highest percentage among the other elements of guidance theory of Bakhtin based on two writing class with one writing teacher, the lecturer uses verbal interactions to encourage the students. It helps them to explore their own expressive writing. The lecturer also build up the interaction that could invites the students into the discussion, and let the students know about the purpose of their writings and helps them to focus on that purpose to get easier on their writings. Teacher’s experiences on textual practices is also effected to the interactions happened. This indicates that the writing lecturer in English in Academic Discourse Class at English Department of the State University of Jakarta corresponds with Bakhtin's theory of Dialogic Interplay. Thus, students can understand the writing well.
Keywords: Dialogic theory, writing, teaching writing, teacher-writers’, textual practices.
Bibliografi : lembar 51-53
SS00008573 | SK 8573 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain