Text
Penguasaan kosakata dalam pembelajaran peta pikiran : studi kasus pada Kelompok B TK Pembina Sukadana Lampung Timur 2015
PENGUASAAN KOSAKATA DALAM
PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN
(Studi Kasus pada Kelompok B TK Pembina Sukadana
Lampung Timur 2015)
LIA RICKA PRATAMA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penguasaan
kosakata dalam pembelajaran peta pikiran di kelompok B TK Pembina
Sukadana Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan metode studi kasus. Analisis data menggunakan model penjodohan
Campbell. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1)
pemerolehan kosakata anak berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan
sekolah dan lingkungan bermain, (2) proses berbagi kata anak dilakukan
melalui pengalaman baik yang dimiliki anak dari luar pembelajaran maupun
yang diperoleh anak ketika proses pembelajaran, (3) terjadi keragaman
proses pemerolehan yang terdiri dari kata benda, kata kerja, kata keterangan,
kata ganti dan kata sifat.
Kata Kunci : kosakata, peta pikiran
Bibliografi : lembar 170-173
TM00001547 | TM 1547 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain