Text
Pengembangan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS
REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA SISWA
KELAS IV SEKOLAH DASAR
TRISMIATIN PUTRI EKO PERTIWI
trismiatinputri25@esaunggul.ac.id
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar
matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Metode
penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Pengembangan
dengan model dari Dick and Carey yang meliputi sepuluh tahapan:
Analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran, melakukan analisis
pembelajaran, menganalisa pembelajar dan lingkungan, merumuskan
tujuan unjuk kerja, mengembangkan intrumen atau alat tes,
mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih
bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif,
melakukan revisi pembelajaran serta merancang dan melaksanakan
evaluasi sumatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedaung Kaliangke 06
Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa menggunakan bahan ajar matematika berbasis RME ini. Hal
ini dapat terlihat pada nilai rata-rata pretest sebesar 50,56 dan nilai ratarata
posttest sebesar 83,60 dimana terdapat kenaikan 33,05.
Keberhasilan penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME juga di
dukung oleh peran serta aktif dari siswa, kreatifitas guru, dan mengaitkan
kegiatan sehari-hari sehingga dapat dijadikan media pembelajaran
matematika khususnya pokok bahasan KPK dan FPB.
Kata Kunci: Matematika, bahan ajar, penelitian pengembangan, berbasis RME.
Bibliografi : lembar 92-95
TM00001591 | TM 1591 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain