Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui metode pemanfaatan lingkungan alam sekitar kebun sekolah di kelas IV SDN Meruya Utara 03 Pagi Jakarta Barat
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR KEBUN SEKOLAH DI KELAS IV SDN MERUYA UTARA 03 PAGI JAKARTA BARAT
YAKTI NURATI
7526121187/yakti_bt@yahoo.co.id
Mahasiswa S2 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
Jurusan Pendidikan Dasar
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris tentang hasil belajar IPA yang diselenggarakan di SDN Meruya Utara 03 Pagi Jakarta Barat, pada materi “Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan”. Penelitian ini menggunakan metode action research yang menekankan kepada pembelajaran IPA dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan alam sekitar.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Meruya Utara 03 Pagi Jakarta Barat yang berjumlah 35 siswa. Partisipasi yang lain adalah peneliti utama dan dua orang observer dari unsur teman sejawat disekolah yang sama. Tehknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes (ulangan harian) dan hasil observasi.Penelitian ini memberikan hasil bahwa pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada pembelajaran (mastery learning) berlangsung pada siklus ke II sebesar 80,57%.Penelitian ini menyimpulkan: 1) pemanfaatan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada kompetensi dasar “Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan” dan terdapat hubungan antara keberhasilan pembelajaran langkah-langkah operasional pembelajaran, yang dirancang dalam penelitian tindakan kelas yang dilakukan peneliti.
Kata kunci : Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar, hasil IPA, Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Bibliografi : lembar 124-125
TM00001593 | TM 1593 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain