Text
Pendidikan karakter dalam buku cerita bergambar"Martine" karya gilbert delahaye-marcel marlier
ABSTRAK
Selvia Handayani. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Buku Cerita Bergambar Martine Karya Gilbert Delahaye-Marcel Marlier, Skripsi, Jurusan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Skripsi berupa penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pendidikan karakter yang terdapat dalam buku cerita bergambar Martine. Sebagai objek penelitian adalah buku cerita bergambar Martine karya Gilbert Delahaye-Marcel Marlier.
Untuk mengetahui pendidikan karakter yang terdapat dalam buku cerita bergambar Martine digunakan 10 macam pilar karakter, sementara untuk metode analisis isi, peneliti menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman. Adapun teori pendidikan karakter yang dikemukakan oleh Lickona menjabarkan 10 macam pilar pendidikan karakter, yakni kebijaksanaan, keadilan, ketabahan, kendali diri, kasih, sikap positif, kerja keras, integritas, terima kasih dan kerendahan hati.
Kutipan berupa kalimat atau percakapan yang terdapat di dalam buku cerita bergambar tersebut dikategorisasikan menurut 10 macam pilar dan ditemukan 26 data berupa kalimat atau percakapan yang mengandung pendidikan karakter sesuai dengan pilar pendidikan karakter, serta setiap data dapat berisi satu atau lebih macam karakter. Hasil penelitiannya berupa 6 kalimat kebijaksanaan, 5 kalimat keadilan, 6 kalimat ketabahan, 1 kalimat kendali diri, 8 kalimat kasih, 9 kalimat sikap positif, 18 kalimat kerja keras, 1 kalimat integritas, 2 kalimat terima kasih dan 15 kalimat yang menggambarkan kerendahan hati. Dengan demikian, pendidikan karakter pada buku cerita bergambar ini didominasi oleh kerja keras.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai salah satu materi pengajaran bahasa melalui mata kuliah réception écrite, production écrite, littérature française dan untuk mahasiswa jurusan bahasa Prancis yang akan menjadi guru
Kata kunci : Cerita bergambar, Pendidikan karakter
ABSTRACT
Selvia Handayani. 2016. Character Education in Picture Story Books Martine Gilbert Delahaye-Marcel Marlier, Thesis, Department of French Language, Faculty of Language and Art, Universitas Negeri Jakarta.
This thesis explain how to obtain data about character education form Martine picture books. Object of this study is the picture-book - Martine works of Gilbert Delahaye Marcel Marlier.
Researcher used 10 kinds pillars of character to determine the character education from Martine picture books. For the content analysis method, researcher used Miles and Huberman data analysis method. And using character education theory from Lickona that describes 10 kinds of pillars of character education , the wisdom, justice, fortitude, self-control, love, positive attitude, hard work, integrity, gratitude and humility.
Citation form of a sentence or conversation contained in picture books are categorized according to 10 pillars and found 26 kinds of data in the form of a sentence or conversation containing the character education in accordance with the pillars of character education, as well as any data can contain one or more kinds of characters. Research results in the form of 6 words of wisdom , 5 sentences justice, 6 sentence fortitude, first sentence of self-control , 8 sentence you, 9 sentence positive attitude , 18 sentences of hard work ,1 sentence integrity, 2 sentence thanks and 15 sentences that describe humility . Thus, character education in the picture book is dominated by hard work.
The results of this research can be used as one of the subjects of language teaching through courses réception écrite , production écrite , littérature française and for students majoring in French language will be teachers
Keywords: Picture Story Books, Character Education
Bibliografi : lembar 65-66
SS00009036 | SK 9036 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain