Text
Model pembelajaran smash bolavoli untuk siswa Sekolah Menengah Atas
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SMASH BOLAVOLI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
MUHAMAD ILHAM
ABSTRAK
Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menerapkan model smash bolavoli bagi siswa Sekolah Menengah Atas. Memperoleh data empiris tentang efektivitas dan hasil pengembangan model smash bolavoli untuk siswa usia Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall.
Hasil analisis kebutuan menunjukan bahwa model pembelajaran smash sangat dibutuhkan oleh para guru pendidikan jasmani. Hasil pengembangan model pembelajaran smash bolavoli berdasarkan validasi dari 5 ahli diperoleh hasil sebesar 84,35%. Hasil uji coba kelompok kecil kemudahan dan kemenarikan model pembelajaran smash bola voli diperoleh nilai 79,04% (baik) dan 84.15% (baik sekali). Hasil uji coba kelompok besar, kemudahan dan kemenarikan model pembelajaran smash bolavoli diperoleh nilai 76,68% (baik) dan 81.65% (baik sekali).
Keefektifan model yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan. Berdasarkan dari hasil perbandingan antara nilai pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa diperoleh hasil t0 sebesar 13,22 dan ttabel 1,697. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara hasil smash bolavoli peserta didik setelah diberikan perlakuan model pembelajaran smash bolavoli.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Smash dan Bolavoli
Bibliografi : lembar 148-150
TM00001586 | TM 1586 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2016.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain