Text
Perbedaan hasil belajar tema alltagsleben dengan menggunakan rallyspiel wurfelspiel pada siswa SMAN 26 kelas XI
ABSTRAK
MARVIN HENDRY DOOM. Perbedaan Hasil Belajar Berbicara Tema Alltagsleben dengan Menggunakan permainan Rallyespiel dan Würfelspiel pada Siswa SMAN 26 Jakarta Kelas XI. Skripsi, Jurusan Bahasa Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris mengenai perbedaan hasil belajar berbicara tema Alltagsleben antara siswa yang menggunakan permainan Rallyespiel dan Würfelspiel.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 26 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen pre-test and post-test group design. Populasi dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI SMAN 26 Jakarta dan sampel diambil dengan teknik sampel acak sederhana ( simple random sampling ) dari dua kelas.
Instrumen dalam penelitian ini berupa tes berbicara berupa dialog. Berdasarkan hasil analisis data dengan Uji-t dengan signifikansi 0,05 diperoleh harga t-hitung permainan Rallyespiel sebesar 11,99 lebih besar dari t-tabel yakni sebesar 1,70 sedangkan harga t-hitung permainan Würfelspiel sebesar 8,57 lebih besar dari ttabel yakni sebesar 1,70. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan berbicara antara siswa yang menggunakan permainan Rallyespiel dan Würfelspiel. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar keterampilan berbicara antara kedua permainan yang tersebut diatas.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemainan Rallyespiel dan Würfelspiel dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berbicara bahasa Jerman. Hal tersebut dikarenakan kedua permainan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar dalam hal ini keterampilan berbicara.
Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, permainan, Rallyespiel, Würfelspiel
ABSTRACT
MARVIN HENDRY DOOM. Differences Learning Outcomes Talking Alltagsleben Scene Using Rallyespiel game and Würfelspiel Students in Class XI SMAN 26 Jakarta. Thesis, Department of German Language, Faculty of Language and Art, State University of Jakarta.
The aim of this study was to obtain empirical data on differences in learning outcomes speak Alltagsleben theme among students who use the game Rallyespiel and Würfelspiel. This research was conducted at SMAN 26 Jakarta in the second semester of the academic year 2014/2015. The method used in this research is quantitative research design experimental pretest and post-test group design. The population in this study is a class XI student of SMAN 26 Jakarta and samples taken with random sampling techniques (simple random sampling) of the two classes. Instruments in this study a speaking test in the form of dialogue. Based on the results of the data analysis by t-test with a 0.05 earned-t price of 11.99 Rallyespiel game count is greater than ttable which is equal to 1.70, while the price t count Würfelspiel game of 8.57 is greater than t the table was that of 1.70. It shows that there are differences in learning outcomes between students' speaking skills using games Rallyespiel and Würfelspiel. This study was conducted to determine differences in learning outcomes speaking skills between the two games mentioned above. From the results of this study indicate that the ploy Rallyespiel and Würfelspiel melatihkan skills can be used to speak German. That is because both these games can improve learning outcomes in this case speaking skills.
Keywords: Speaking Skills, games, Rallyespiel, Würfelspiel
Bibliografi: lembar 43-44
SS00008926 | SK 8926 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2016.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain