Text
Analisis kompetensi Sosial pada mahasiswa calon Guru di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Tiolas Melati, Analisis Kompetensi Sosial Mahasiswa Calon Guru Fakultas Ilmu
Sosial Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan
Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui data kompetensi sosial pada
mahasiswa calon guru dari program studi kependidikan di Fakultas Ilmu Sosial (FIS)
Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berdasarkan Indikator Kompetensi Sosial
Mahasiswa Calon Guru.
Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan tingkat eksplanasi
deskriptif dan dengan data kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa FIS UNJ
dari 6 Prodi kependidikan berjumlah 917 mahasiswa. Jumlah sampel ditentukan
dengan rumus Slovin, diperoleh 282 sampel. Sedang teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling. Sesuai dengan tujuan penelitian
ini, teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam Program Studi (Prodi) berada
pada kategori “Cukup Kompeten” nilai rata-rata 77,09 dari skala 100 . Diurutkan dari
tertinggi: Prodi Pendidikan Sosiologi (80,04), Prodi Pendidikan Sejarah (78,47) Prodi
Agama Islam memiliki nilai (77, 89), Prodi Pendidikan IPS (76,09) Prodi Pendidikan
Geografi (75,77) Prodi PPKn (74,26).
Prodi Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan tidak memiliki kompetensi
sosial yang mencolok. Prodi Pendidikan Sejarah memiliki Kompetensi Sosial
Kerjasama yang paling tinggi. Prodi Pendidikan Geografi tidak kompeten dalam
Indikator Kemampuan Melayani Masyarakat dan Mengkomunikasikan Hasil
Penelitian. Prodi Ilmu Agama Islam adalah prodi yang paling menggambarkan
Mahasiswa Calon Guru FIS UNJ. Prodi Pendidikan Sosiologi memiliki kompetensi
dalam Kerjasama Dengan Teman namun memiliki tidak kompeten dalam
Pengembangan Metode Pendidikan. Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
cukup kompeten dalam setiap indikator Kompetensi Sosial dan tidak memiliki
Kompetensi Sosial yang mencolok.
Indikator Berkomunikasi dengan Atasan (87,97) merupakan indikator
kompetensi tertinggi atau paling mumpuni dari mahasiswa calon guru FIS UNJ.
Indikator terendah adalah Kemampuan Melayani Masyarakat(70,66), dimana tidak
ada satupun prodi yang mampu mencapai tingkat “Kompeten”.
Kata kunci: Kompetensi Sosial, Mahasiswa Calon Guru.
SS00009315 | SK 9315 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.04.2016.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain